Alibaba Akuisisi Perusahaan Pengiriman Uang MoneyGram

redaksi.co.id - Alibaba Akuisisi Perusahaan Pengiriman Uang MoneyGram Ant Financial, anak usaha pembayaran digital milik raksasa "e-commerce" China Alibaba membeli perusahaan pengiriman uang asal AS MoneyGram....

51 0

redaksi.co.id – Alibaba Akuisisi Perusahaan Pengiriman Uang MoneyGram

Ant Financial, anak usaha pembayaran digital milik raksasa “e-commerce” China Alibaba membeli perusahaan pengiriman uang asal AS MoneyGram. Akuisisi Ant Financial atas MoneyGram bernilai 880 juta dollar AS.

Mengutip BBC, Jumat (27/1/2017), MoneyGram memiliki setidaknya 350.000 gerai di hampir 200 negara. Adapun Ant Financial memiliki lebih dari 630 juta pengguna.

Pengambilalihan MoneyGram oleh anak usaha Alibaba tersebut masih harus mengantongi persetujuan regulatori dari Komite Investasi Asing AS.

Komite tersebut bertugas meninjau akuisisi aset domestik AS oleh asing demi kepentingan keamanan nasional.

CEO Ant Financial Eric Jing mengungkapkan, “pernikahan” kedua perusahaan ini akan memberikan akses yang lebih besar, keamanan, dan kemudahan bagi semua orang di seluruh dunia untuk mengirim dana, khususnya di negara-negara dengan transaksi remitansi besar seperti AS,China, India, Meksiko, dan Filipina.

Ant Financial memiliki pangsa pasar yang besar dalam industri pembayaran online di China. Akuisisi terhadap MoneyGram akan membantu Ant Financial dalam mempertahankan kepemimpinannya dan berekspansi ke luar negeri.

Pasalnya, Ant Financial juga menghadapi persaingan yang ketat di China dengan sistem pembayaran WeChat milik Tencent. Saham MoneyGram di bursa AS pun melonjak hampir 9 persen setelah kabar akuisisi ini.

Kalau perjanjian akuisisi MoneyGram berjalan mulus dan berhasil, maka ini akan menjadi akuisisi kedua Alibaba di AS.

Pada tahun 2016 lalu, Alibaba mengakuisisi EyeVerify senilai 70 juta dollar AS. EyeVerify adalah perusahaan rintisan yang berkantor pusat di negara bagian Missouri.

EyeVerify menggunakan teknologi otentifikasi biometrik untuk melindungi data dan transaksi online pengguna.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: Aprillia Ika

Copyright Kompas.com

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!