Alasan Madrid tak Lagi jadi Tim Sepak Bola Terkaya Dunia

redaksi.co.id - Alasan Madrid tak Lagi jadi Tim Sepak Bola Terkaya Dunia Konsistensi Real Madrid sebagai klub sepak bola terkaya di dunia sudah mulai tergoyahkan. Berdasarkan...

32 0

redaksi.co.id – Alasan Madrid tak Lagi jadi Tim Sepak Bola Terkaya Dunia

Konsistensi Real Madrid sebagai klub sepak bola terkaya di dunia sudah mulai tergoyahkan. Berdasarkan hitungan dari Football Money League Deloitte, kini status klub terkaya dunia diambil alih oleh raksasa Inggris Manchester United.

Seperti dikutip dari Marca, Senin (30/1), Madrid memang mengalami kenaikan keungungan sebanyak 7,5 persen tahun lalu. Pendapatan Los Blancos naik menjadi 620.100.000 ribu euro.

Hanya saja peningkatan El Real tidak sesignifikan kenaikan yang dialami The Red Devils. Tahun lalu MU mendapatkan keuntungan sebesar 689 juta euro. Mengalami peningkatan sebanyak 32,6 persen dibandingkan 2015.

Keuntungan Madrid ini juga masih dibandingkan rival abadi mereka Barcelona. El Barca mendapatkan untung 620.200.000 euro tahun lalu.

Bonus Pertandingan

Madrid juga mengalami penurunan dalam hal bonus tiap pertandingan. Tahun lalu El Merengues hanya fokus pada dua kompetisi yaitu La Liga Primera dan Liga Champions. Madrid tersingkir lebih awal di babak 32 besar Copa Del Rey karena didiskualifikasi karena faktor nonteknis.

Jadinya keuntungan Madrid dari bonus pertandingan tahun lalu adalah 129 juta euro. Turun sebanyak 0,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan MU mendapatkan pemasukan 137,5 juta euro dari bonus pertandingan.

Barcelona dalam hal ini hanya menempati peringkat empat dengan catatan pemasukan dari tiap pertandingan dalam setahun sejumlah 121,4 juta euro.

Hak Siar

Madrid tahun lalu mendapatkan pemasukkan dari hak siar sebesar 227,7 juta euro. Naik sebanyak 19 13,9 persen. Barcelona hanya mendapatkan 202,7 juta euro tahun lalu dari hak siar. Hanya naik sebesar 3,8 persen.

Komersial

MU mengalami peningkatan bagus dalam hal komersial. Setan Merah mendapatkan keuntungan hingga 363 juta euro. Naik 38 persen dibandingkan tahun 2015. Madrid hanya di posisi kelima dalam hal komersial.

El Merengues hanya meraup keuntungan 263 juta euro di tahun 2016, hanya naik 6,5 persen. Barcelona menempati urutan keempat dengan pendapatan 296 juta euro tahun lalu. Naik sebanyak 21,3 persen.

Dari data kasar seperti ini Marca menyimpulkan bahwa Madrid memang tak lagi menyadang status klub sepak bola terkaya di dunia.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!