Bukti Ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi

redaksi.co.id - Bukti Ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi Juru Bicara Barcelona,Josep Vives, mengungkapkan, berdasar hasil survey, perpanjangan kontrak Lionel Messi bukan prioritas utama La Blaugrana. Namun,...

24 0

redaksi.co.id – Bukti Ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi

Juru Bicara Barcelona,Josep Vives, mengungkapkan, berdasar hasil survey, perpanjangan kontrak Lionel Messi bukan prioritas utama La Blaugrana. Namun, mengacu terhadap performa sang bintang, benarkah ungkapan sang juru bicara tersebut?

Lionel Messi terikat kontrak di Barcelona hingga 30 Juli 2018. Pembicaraan kontrak baru Lionel Messi dikabarkan sudah menjadi perhatian utama sejak akhir 2016. Bahkan, sang pemain sempat terang-terangan belum ingin meneken kontrak baru di Camp Nou.

Menurut media-media Spanyol, Lionel Messi mempertimbangkan kasus pajak yang sedang menimpa keluarganya. Meski begitu, Presiden Barcelona,Josep Maria Bartomeu, mengaku optimistis klubnya dapat mengamankan jasa Lionel Messi dalam beberapa bulan ke depan.

Lantas, mengacu terhadap performa Lionel Messi pada musim 2016-2017, seperti apa langkah yang harus dilakukan Barcelona mengenai nasib sang pemain. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kontribusi Lionel Messi pada musim ini:

1. Gol

Ketajaman Lionel Messi di lini depan Barcelona tidak perlu diragukan lagi. Menurut catatan AS, dari total 28 pertandingan Barcelona, Lionel Messi telah mencetak gol atau memberi assist dalam 22 laga atau 78,57 persen.

Lionel Messi tercatat hanya tidak mencatat nama di papan skor sebagai pencetak gol atau pemberi assist dalam lima pertandingan melawan Athletic Bilbao, Deportivo Alaves, Atletico Madrid, Granada, dan Real Madrid.

2. Copa del Rey dan Liga Champions

Pada ajang Copa del Rey, Lionel Messi hanya absen dalam pertandingan leg pertama melawan Real Sociedad. Dari tiga pertandingan lainnya (dua melawan Athletic Bilbao dan Real Sociedad), bintang asal Argentina tersebut tercatat menorehkan tiga gol dan dua assist.

Sementara itu, di ajang Liga Champions, Lionel Messi melakoni lima pertandingan (hanya absen melawan Borussia Monchengladbach) dan mampu menorehkan gol dalam setiap laga. Total, pemain berusia 29 tahun itumencetak 10 gol di turnamen itu, termasuk hattrick melawan Celtic dan Manchester City.

3. Perpanjangan kontrak?

Di ajang Piala Super Spanyol, Lionel Messi menorehkan satu gol dan dua assist dalam dua pertandingan melawan Sevilla. Secara keseluruhan, pada musim 2016-2017, Lionel Messi telah menorehkan 29 gol dan 12 assist dari 29 pertandingan Barcelona di berbagai ajang.

Dengan kontribusi tersebut, Barcelona tentu harus berpikir dua kali jika ingin mengesampingkan perpanjangan Lionel Messi. Bagi suporter Barcelona, bisa dibayangkan juga andai tidak lagi menyaksikan sosok bernomor punggung 10 menghilang di barisan depan Barca.

Sumber: AS, Transfermarkt

© Reaksi penyerang Barcelona, Lionel Messi, usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao, pada Leg 2 Ba… Lionel Messi

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!