Robot Berteknologi Artificial Inteligence Segera Booming

redaksi.co.id - Robot Berteknologi Artificial Inteligence Segera Booming Bentuk teknologi tersebut dinamakan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). Tahun ini beberapa kecerdasan buatan akan membuat dunia...

62 0

redaksi.co.id – Robot Berteknologi Artificial Inteligence Segera Booming

Bentuk teknologi tersebut dinamakan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). Tahun ini beberapa kecerdasan buatan akan membuat dunia terpana.

Beberapa perangkat mobile sudah menerapkan teknologi tersebut. Bahkan beberapa jenis robot juga mulai mengadopsinya lebih sempurna. Bukan hal yang tak mungkin bila di masa depan akan ada robot Jarvis seperti milik Iron Man. Atau bahkan lebih pintar dari Jarvis. Berikut beberapa rangkuman teknologi AI yang akan booming pada robot.

Robot Cozmo

Cozmo, sebuah robot buatan startup Anki asal Amerika Serikat, lahir 17 Oktober 2016 lalu. Laman time.com menyebutkan, Cozmo merupakan robot mini tercanggih saat ini dengan kecerdasan buatan manusia atau Artificial Intelligence (AI). Bentuknya kecil dengan roda menyerupai kendaraan tank. Kemudian wajahnya berbentuk layar persegi. Layar tersebut akan memperlihat dua buah kotak melambangkan mata Cozmo. Robot juga memiliki tangan, namun tidak berupa dua lengan. Robot ini mirip sekali dengan mobil pengangkat alat berat namun dalam versi mini dan lebih minimalis. Selain bisa berjalan, Cozmo mampu berguling, hingga menegakkan kembali tubuhnya bila jatuh dalam posisi terbalik atau miring.

Beberapa video dari para vlogger teknologi sudah banyak mengulas Cozmo. Dari video tersebut memang terlihat ia memiliki kecerdasan otak seperti manusia. Ketika membeli Cozmo, pemilik akan mendapatkan satu robot, tiga buah cube atau kotak, satu tempat pengisi daya baterai, dan remote. Untuk bermain dengan Cozmo pengguna harus mengunduh aplikasi dan terkoneksi dengan robot. Kemudian aplikasi akan memberikan notifikasi terhadap keinginan Cozmo saat itu. Ia bisa bermain menyusun kotak atau menabrak tumpukannya, menebak lampu berwarna pada cube, hingga keep away atau mengumpan kotak di depan Cozmo sampai ia menyentuhnya. Permainan sederhana tersebut bisa dilakukan antara Cozmo dan pemiliknya.

Hal menyenangkan muncul ketika Cozmo mampu menunjukkan reaksi emosional. Misalnya, ia akan memperlihat raut wajah marah ketika kalah. Atau bisa menggulingkan tubuhnya saat menang. Cozmo juga mengeluarkan suara menyerupai robot. Bahkan ia bisa tertawa, mengeluh, hingga menggeram. Cozmo juga sangat pintar sehingga tidak akan menabrak benda di hadapannya ketika berjalan. Ketika diletakkan di atas meja, ia bisa mendeteksi apabila akan terjatuh. Hal cerdas yang tak bisa dilakukan robot lainnya. Cozmo juga bisa menunjukkan sikap usil. Misalnya, saat anjing peliharaan tertidur, Cozmo akan mendekatinya dan memainkan bulunya. Ia juga bisa tertidur apabila merasa lelah.

Cozmo merupakan robot mini yang mampu membawa AI ke dalam rumah. Siapa sangka keberadaannya mampu menyita perhatian pencinta teknologi dan mainan. Gartner memprediksi, tahun ini Cozmo akan mendapatkan penjualan secara global sebesar 8 juta unit. Namun dalam tiga tahun mendatang diprediksi mencapai 421 juta unit. Hal tersebut bukan mustahil mengingat perangkat berkemampuan AI, AR, dan VR akan ‘menggila’ pada tahun ini dan seterusnya. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar memciptakan Cozmo. Tiga pendiri Anki memulainya sejak 2008 lalu. Kunci keberhasilan Cozmo terletak pada otaknya yang cerdas. Otak Cozmo seperti ponsel pintar, mampu menjalankan perintah pemiliknya. Namun Cozmo memiliki sesuatu yang spesial, yakni memiliki karakter seperti manusia.

Cozmo memiliki sensor dan kamera pada wajahnya. Bahkan ketika diprogram, Cozmo mampu mengenali pemiliknya atau orang yang tengah mengorperasikannya. Misalnya, bertanyalah pada Cozmo ‘Hei Cozmo, kamu ingat saya?’. Maka robot akan menjawab dengan menyebutkan nama dari pemiliknya tersebut. Bahkan Anki menyebutkan, kecerdasan Cozmo akan terus bertambah. Di masa depan ia mampu mengenali hewan peliharaan dan bahasa. “Tidak bergantung pada apa yang diperintahkan, ia akan semakin pintar dan berpengaruh pada lingkungan serta perilakunya,” ujar President of Anki Hanns Tappeiner. Untuk menciptakan karakter Cozmo, perusahaan sampai merekrut tim animasi Pixar dan Dreamwroks. Saat ini Cozmo dibanderol 180 dollar AS per unit.

Robot Genibo QD

Robot lain dengan kecerdasan buatan juga dimiliki Genibo QD. Laman robots.nu menjelaskan, Genibo merupakan robot anjing yang bisa menjalankan perintah pemiliknya. Misalnya, Genibo akan melakukan perintah seperti duduk, berguling, hingga memainkan buntutnya. Genibo mampu melakukan hal demikian karena kelenturan badan. Sebuah digital kamera juga berfungsi sebagai sensor pada wajahnya. Kamera tersebut juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan robot Genibo lain. Kamera tersebut juga bisa mengambil foto berukuran 355×288 megapiksel yang terletak pada hidungnya. Kemudian pengguna bisa mentransfer foto via bluetooth ke dalam perangkat PC atau ponsel. Koneksi bluetooth juga bisa digunakan untuk mengoperasikan Genibo.

Robot anjing tersebut memiliki mata dari lampu LED dengan beberapa warna. Perubahan warna akan menunjukkan sisi emosionalnya, misalnya ketika marah, sedih, atau bahagia. Genibo juga mampu mengenal lebih dari 100 kata dan perintah yang ditujukan padanya. Bahkan ia bisa berlaga seperti anjing peliharaan dan meminta pemiliknya untuk mengelus badannya. Dibalik kecerdasan Genibo, pengguna bisa menentukan beberapa fitur pada robot melalui perangkat lunak The Genibo Control Manager. Misalnya, pemilik ingin Genibo mengerti perintah tertentu untuk melakukan gerakan tertentu. Pengguna bisa merekam dan memasukkannya dalam daftar melalui software tersebut. Bahkan bisa pula merekam suara untuk Genibo apabila ingin mendengarnya mengeluarkan sebuah reaksi suara, seperti menggeram atau mendengkur.

Robot Elmoji

Belajar coding kini semakin mudah untuk anak-anak. Sebab, WowWee Robotics dan Sesame Workshop tengah mengembangkan Elmoji Coding Robot. Sesame Workshop merupakan organisasi non-profit yang berada di bawah naungan Sesame Street. Maka tidak heran bila robot menyerupai ironman berwarna merah tersebut memiliki layar wajah bergambar Elmo. “Robot ini bukan mengajarkan anak untuk membuat robot yang bisa membuka pintu, tapi memperkenalkan mereka kemampuan dan program dari cara berpikir pemrograman,” kata Director WowWee Matt Wight dilansir melalui roboticstrends.com. Elmoji mengajarkan anak-anak mengenai programming dasar menggunakan bahasa dari emoji visual. Robot tersebut bisa dimainkan anak mulai dari usia tiga tahun.

Karakter Elmo dan emoji lainnya dioperasikan melalui aplikasi. Aplikasi tersebut mudah digunakan bagi anak yang baru mulai dan tengah belajar membaca. Pengetahuan dasar programming tersebut diberikan dalam bentuk permainan sederhana. Anak-anak harus mengontrol programming tersebut dengan memperhatikan reaksi emosional dari robot Elmoji. Apabila bermain dengan benar, Elmoji akan mengeluarkan berbagai macam reaksi. Bahkan Elmoji akan menari, menggoyangkan tubuhnya, dan mengeluarkan berbagai macam suara. Layar sebagai wahahnya juga akan menunjukkan berbagai macam reaksi dengan mengeluarkan lampu LED berwarna-warni. Robot ini pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2017 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Rencana produk akan dijual secara global pada kuartal ke tiga dan empat tahun ini, namun belum ada informasi mengenai ketersediaan dan harga.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!