Facebook vs Instagram, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Online?

redaksi.co.id - Facebook vs Instagram, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Online? Saat ini sosial media tidak hanya dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi, hiburan dan informasi...

86 0

redaksi.co.id – Facebook vs Instagram, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Online?

Saat ini sosial media tidak hanya dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi, hiburan dan informasi tapi juga dijadikan sebagai tempat usaha. dikalangan masyarakat saat ini tentu saja menjadi incaran utama para pengusaha dalam melakukan ekspansi terhadap bisnis mereka karena jangkauan sosial media yang luas dan tidak terbatas.

Tren berjualan lewat sosial media saat ini telah banyak merubah gaya hidup masyarakat. Tidak hanya dinilai lebih mudah dan praktis tapi juga produk yang ditawarkan juga lebih menarik. Fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh setiap sosial media dinilai lebih memudahkan proses promosi sampai pembelian produk. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin merambah bisnis online.

Diantara banyaknya sosial media saat ini, Facebook dan Instagram adalah untuk dimanfaatkan sebagai media baik untuk promosi atau berjualan online. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pengguna aktif kedua sosial media ini yang cukup banyak dibandingkan sosial media lainnya sehingga menjadikan keduanya sebagai sosial media dengan jumlah akun bisnis online terbanyak.

Di Indonesia sendiri pengguna aktif facebook terhitung sebanyak 88 juta pada tahun 2016 sedangkan pengguna aktif instagram adalah 22 juta pada tahun 2016 dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah pada keduanya. Kedua sosial media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari penggunaannya dan jenis bisnis yang dipilih.

Jadi sebelum mencoba bisnis online, sebaiknya baca terlebih dahulu penjelasan mengenai perbedaan dan perbandingan antara kelebihan dan kekurangan antara kedua sosial media ini sebagai berikut :

Logo Facebook viatnwcdn.com

Walaupun upload image sudah banyak diterapkan di banyak sosial media, tapi kelebihan dari upload image oleh facebook adalah kualitas gambar yang tidak akan berubah. Sehingga detail gambar pada produk akanterlihat lebih jelas, dan tentu dari sisi konsumen ini akan lebih memuaskan karena konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar dan memudahkan mereka dalam membuat keputusan pembelian.

Kekurangan dari fitur upload image pada facebook adalah harus mengedit sendiri foto yang akan diupload dengan perangkat atau software lain, Editorial foto yang dapat diberikan oleh facebook hanyalah crop picture (memotong gambar) dan tag picture (memberi tanda pada gambar).

Fitur ini pada awalnya tidak terlalu banyak digunakan di facebook namun, sekarang sudah sering digunakan karena persaingan bisnis online yang semakin banyak dan ketat sehingga menuntut banyak strategi promosi yang kreatif dalam memperkenalkan dan menjual produk.

Kelebihan upload video dari facebook sama seperti image adalah kualitas video tidak akan berubah, bahkan tidak ada batasan durasi pada facebook karena kapasitas yang facebook punya lebih besar dari sosial media lainnya. Kekurangannya adalah Anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload.

Dapat dikatakan fanpage adalah fitur terbaik yang ditawarkan oleh Facebook kepada Anda yang ingin membuka bisnis online. Membuat akun fanpage ini pun cukup mudah, salah satu syaratnya adalah harus memiliki akun pribadi pada Facebook terlebih dahulu kemudian selanjutnya bisa membuat akun fanpage ini.

Kelebihan dari fanpage ini untuk bisnis adalah Anda dapat bebas melakukan update terhadap produk tanpa takut tercampur dengan konten pribadi dan tentunya memudahkan para calon konsumen dalam mengetahui informasi mengenai produk Anda. Terdapat beberapa kelebihan lainnya pada akun fanpage ini yaitu:

Dan yang terpenting adalah tampilan yang ditawarkan oleh fanpage memberikan kesan profesional sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Logo Instagram viatechstory.in

Instagram adalah sosial media pertama yang menggunakan gambar sebagai konten utama, oleh karena itu instagram memiliki berbagai macam jenis efek dan filtrasi yang unik dan lucu yang dapat diterapkan pada gambar yang di akan upload. Jadi Anda tidak perlu repot lagi menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto yang akan diupload.

Kelemahan pada instagram adalah gambar tidak bisa disimpan (didownload) dan harus menggunakan aplikasi lain untuk mendownloadnya. Selain itu kualitas dari gambar yang didownload dari instagram kualitasnya akan menurun, karena instagram menyesuaikan kapasitasnya pada penggunaan di smartphone.

Seperti pada gambar, instagram juga memiliki berbagai efek dan filter unik yang dapat diterapkan pada video yang akan diupload selain itu bisa memotong (cut) durasi atau bagian yang tidak diinginkan pada video langsung di Instagram.

Kelemahan dari editorial video ini juga terjadi pada gambar, yaitu kualitas dari video akan menurun saat ingin mendownloadnya. Selain itu durasi video yang bisa diupload maksimalnya hanyalah 1 menit saja.

Layaknya sebuah keyword pada search engine, fungsi dari hashtag pada instagram tidak jauh berbeda dari sosial media twitter, dengan menggunakan hashtag pengguna dapat langsung masuk ke topik yang ingin dilihat atau dicari. Hashtag ini tentu akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan produk.

Cukup dengan mencantumkan hashtag terpopuler pada caption gambar produk yang diupload atau membuat hashtag unik yang hanya dimiliki oleh produk Anda. Tepat mecantumkan hashtag akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk.

Fitur terbaru dari instagram ini menawarkan fitur-fitur tambahan dalam mengedit gambar atau video. Seperti menaruh stiker atau teks tambahan pada konten yang diupload baik gambar ataupun video. Tapi kelemahan dari fitur ini adalah konten yang diupload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam dan durasi video yang diupload maksimal hanya 10 detik saja.

Tampilan Facebook pada PC viazilo.me

Kelebihan dari sosial media facebook adalah Anda bisa melakukan segala aktivitas meng-upload konten baik itu gambar atau video di PC (personal computer) atau handphone. Meskipun begitu menggunakan facebook dengan tampilan mobile lebih sulit karena peletakan button-buttonnya yang tidak semuanya langsung ditampilkan pada homepage tidak seperti pada PC atau tablet, sehingga akan sedikit lebih repot saat akan menggunakan facebook via mobile.

Jadi lebih baik bagi Anda yang berjualan melalui facebook untuk memaksimalkan penggunaan facebook pada pc saja daripada mobile guna memberikan pelayanan terbaik kepada calon konsumen.

Tampilan Instagram pada Smartphone viathetravelista.net

Berbeda dengan facebook, instagram adalah sosial media yang penggunaan maksimalnya hanya bisa melalui smartphone. Jika langsung membuka sitenya melalui pc, Anda tidak bisa melakukan upload foto dan video baik untuk timeline atau instastory.

Sampai saat ini belum ada aplikasi yang dapat membantu memaksimalkan penggunaan instagram melalui PC. Contohnya, jika aplikasi itu bisa melakukan upload gambar atau video instagram pada pc pasti tidak bisa melakukan upload pada instastorynya dan ancaman error pada aplikasi untuk pembawaan instagram pada pc juga tinggi. Jadi jika ingin melakukan penjualan melalui instagram, alatnya cukup smartphone saja dan memaksimalkan penggunaanya via mobile saja.

Bisnis Online di Facebook vianetdna-cdn.com

Karena kualitas foto yang diupload di facebook kualitasnya tidak akan berubah, Anda bisa memanfaatkannya dengan memberikan foto untuk produk dengan kualitas terbaik. Berikan gambar produk dari segala sisi baik untuk tampil depan, samping, bawah dan belakang. Ini tentu akan sangat memuaskan dari sisi konsumen karena mereka bisa mengetahui kualitas produk Anda dari gambarnya saja.

Jangan lupa memberikan folder-folder khusus untuk setiap gambar produk yang diupload agar terlihat lebih rapi dan memudahkan konsumen dalam mencari produk yang mereka inginkan.

Contohnya, jika Anda menjual produk fashion seperti sepatu wanita. Beri folder-folder gambar khusus untuk warna ataupun ukurannya.

Karena tidak ada batasan durasi dan penurunan kualitas untuk upload video pada facebook. Anda bisa memanfaatkan ini untuk meng-upload mengenai review produk Anda dan konten-konten lainnya. Maksimalkan hal ini untuk lebih mudah mendapatkan kepercayaan calon konsumen.

Isi akun berjualan tidak harus selalu berisi tentang informasi produk saja, Anda bisa membuat video berisi konten yang menyenangkan seperti tutorial memasak, tips memilih bahan makanan dan lain sebagainya. Buat akun berjualan Anda menyenangkan untuk dilihat oleh konsumen agar mereka betah untuk mengunjungi akun.

Contohnya, jika menjual produk makanan, Anda bisa mengupload video tentang orang-orang yang memberikan komentar mengenai produk atau video mengenai tutorial memasak makanan sehat.

Ada terdapat banyak forum atau grup di facebook. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menjadi anggota dan mempromosikan produk disana. Masuk lah ke grup yang sesuai dengan produk yang Anda jual jangan lupa untuk memastikan grup itu aktif dan memiliki banyak anggota.

Contohnya, jika Anda berjualan tas masuk lah ke grup yang memang berisi orang-orang yang gemar mengoleksi tas.

Bisnis Online di Instagram viagawkerassets.com

Edit gambar yang ingin diupload, usahakan jangan sampai menutupi atau bahkan membuat gambar produk lebih buruk. Edit gambar produk dengan sederhana saja tapi estetika dan keunikannya terlihat, sehingga menarik untuk dilihat.

Contohnya, jika Anda ingin berjualan produk makanan seperti jelly anggur, upload foto produk jelly dengan hiasan anggur dan background foto yang sesuai seperti meja makan kayu atau kaca.

Informasi mengenai produk sangatlah penting, karena instagram adalah sosial media dengan konten utamanya adalah gambar jadi Anda harus memaksimalkan informasi produk pada captionnya. Jangan bertele-tele dalam mengisi informasi produk cukup beritahukan informasi dasarnya saja.

Contohnya, jika berjualan pakaian cantumkan langsung informasi mengenai ukuran pakaian yang tersedia dan harganya saja.

Hashtag sangat penting jika menginginkan penyebaran informasi mengenai produk Anda dapat dilakukan dengan cepat. Perbanyak jumlah hashtag pada caption foto produk, baik dari hashtag yang paling umum sampai yang paling unik. Jangan lupa untuk menciptakan hashtag yang diperuntukan hanya untuk produk jualan Anda saja, ini bertujuan untuk membedakan Anda dengan pesaing.

Contohnya, jika menjual produk makanan, cantumkan hashtag terkenal seperti #food #healthyfood dan #foodporn dan hashtag unik seperti #anakjajan atau nama toko online Anda.

Banyak orang yang tidak suka jika Anda terus melakukan spam. Anda akan dibilang mengganggu apalagi jika terus spam dengan konten yang sama. Ini akan membuat orang-orang unfollow akun Anda. Manfaatkan instastory jika Anda ingin melakukan update secara terus menerus walaupun kontennya sama.

Contohnya, jika menjual pakaian bisa update mengenai foto produk, informasi produk dan harga produk secara terpisah tanpa harus melakukan spam pada timeline.

Cara ini adalah yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk melalui instagram. Anda bisa memanfaatkan jasa para pengguna akun instagram yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk. Biasanya akun yang paling banyak memiliki jumlah followers harganya akan lebih mahal. Jangan lupa memilih akun yang akan di endorse sesuai dengan jenis produk Anda.

Contohnya, jika menjual makanan lakukanlah endorse kepada akun-akun instagram yang terkenal dengan konten makanannya seperti @jktfoodbang dan @eathappen.

Apapun media yang digunakan dalam berjualan. Memberikan pelayanan yang terbaik adalah kunci utama dari berbisnis. Anda harus memberikan respon yang cepat dan pelayanan yang tepat sesuai dengan keinginan calon konsumen.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!