Bermula dari Bosan, Nicky Tirta Piawai Bikin Masakan Unik

redaksi.co.id - Bermula dari Bosan, Nicky Tirta Piawai Bikin Masakan Unik Nicky Tirta, aktor sekaligus pemain sinetron, kini juga fokus ke dunia masak-memasak. Dia mengaku piawai...

25 0

redaksi.co.id – Bermula dari Bosan, Nicky Tirta Piawai Bikin Masakan Unik

Nicky Tirta, aktor sekaligus pemain sinetron, kini juga fokus ke dunia masak-memasak. Dia mengaku piawai memasak dan punya hobi meracik menu masakan unik sejak lama. Kini, Nicky juga sudah mulai tampil sebagai chef.

Hobi memasak Nicky dimulai saat dia sekolah di luar negeri. Karena merasa boros membeli makan di luar setiap hari, dia memutuskan memasak sendiri di sana. Kreasi mi, menjadi salah satu menu favoritnya.

Saya sering rindu masakan Indonesia, termasuk mi instan. Namun, saya juga bosan kalau selalu makan mi instan dengan olahan yang itu-itu saja, ujar Nicky, Rabu, (1/2/2017).

Nicky pun unjuk kebolehan meracik menu andalannya dalam acara konferensi pers UniqMie-Adu Bikin Indomie Unik, yaitu Teriyaki Indomie Cup.

Lincah, tangan Nicky mulai memotong daging ayam hingga berbentuk dadu. Lalu, bawang bombay dan bawang putih dia iris-iris tipis.

Potongan ayam tersebut kemudian Nicky masukkan ke penggorengan bersama bawang putih, bawang bombay, dan bumbu teriyaki, untuk ditumis selama kurang lebih lima belas menit. Barulah sesudahnya dia mulai mengolah mi.

Untuk menu ini, Nicky membuat mi menjadi kering sekalipun sudah dimasak, laiknya ifumi, salah satu ragam masakan China. Caranya, dia rendam mi dalam minyak panas selama sekitar 10 menit.

Selama direndam, bagian atas mi ditekan dengan bagian bawah sendok sayur sehingga mi berbentuk seperti mangkuk ketika diangkat.

Ingat, jangan menggunakan alat-alat yang mudah lengket agar mi tidak menempel, kata Nicky sembari memeragakan kepiawaiannya.

Jika kematangan mi dan tingkat kekeringan sudah sesuai keinginan, Teriyaki Indomie Cup pun siap dihidangkan. Untuk penyajiannya, ayam teriyakihasil tumisan sebelumnyadituang di atas mi kering berwujud serupa mangkuk tersebut.

Tren baru

Sekarang sudah banyak bisnis kuliner yang menjual menu-menu Indomie dengan kreasi unik. Misalnya, Indomie dengan berbagai level kepedasan atau Indomie rendang, ungkap General Manager Marketing Noodle Division PT Indofood ICBP Sukses Makmur Tbk, Julia Atman, pada acara yang sama.

Tren itulah, lanjut Julia, yang mendasari perusahaannya menggelar ajang Indomie-UniqMie. Melalui kompetisi ini, masyarakat ditantang menciptakan resep kreasi dengan bahan dasar Indomie.

Syaratnya, sebut Julia, resep yang diajukan harus orisinal, kreatif, serta menggunakan bahan yang mudah ditemukan dan halal. Peserta dapat mengirimkan resep mereka ke .

Juri akan memilih 20 besar finalis yang resepnya akan coba dimasak oleh Nicky dan tim Indofood. Dari situ, akan dipilih lima besar finalis dengan menu yang dinilai paling kreatif.

Kelima finalis akan bertemu dan adu masak menggunakan resep kreasi masing-masing di babak final. Sang juara akan membawa pulang hadiah Rp 300 juta.

Informasi mengenai kompetisi ini dapat disimak di situs web Indomie dan roadshow yang dijadwalkan di empat kota. Jadwal roadshow adalah:

Adapun gelaran final kompetisi akan diadakan di Bandung, Jawa Barat, pada 20 Mei 2017.

Penulis: Cahyu Cantika Amiranti

Editor: Palupi Annisa Auliani

Copyright Kompas.com

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!