Demi Pemerataan Ekonomi, Presiden Jokowi Akan Bagikan 12,7 Juta Hektar Lahan ke Rakyat

redaksi.co.id - Demi Pemerataan Ekonomi, Presiden Jokowi Akan Bagikan 12,7 Juta Hektar Lahan ke Rakyat Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan ekonomi yang baru,...

35 0

redaksi.co.id – Demi Pemerataan Ekonomi, Presiden Jokowi Akan Bagikan 12,7 Juta Hektar Lahan ke Rakyat

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan ekonomi yang baru, yakni pemerataan ekonomi.

“Sebab tahun ini sebentar lagi akan kita keluarkan kebijakan baru di bidang ekonomi, yaitu kebijakan pemerataan ekonomi,” ujar Presiden Jokowi dalam acara Konferensi Forum Rektor Indonesia Tahun 2017 di Gedung JCC Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Jokowi memberikan kisi-kisi dari kebijakan ekonomi tersebut. Pemerintah akan memberikannya kurang lebih 12,7 juta hektar lahan konsesi kepada masyarakat.

“Jadi bukan kepada perusahaan besar, korporasi, tetapi kepada masyarakat agar gini rasio semakin sempit,” ujar Presiden Jokowi.

Program tersebut, kata Jokowi telah dilakukan pada bulan Januari lalu di Kalimantan Tengah, dimulai dari pemberian lahan konsesi seluas 400 hektare, 1.300 hektare, 1.700 hektare dan tanah adat .

“Kemarin baru sembilan.tapi sudah kita mulai. kalau dulu, diberikan 500 ribu, 300 ribu hektare, sekarang kita berikan yang kecil-kecil kepada rakyat,” ungkap Presiden Jokowi.

Namun, Jokowi meminta tanah yang sudah diberikan tersebut harus dikerjakan dengan produktif.

“Yang besar boleh kerjasama dengan rakyat. Sekarang yang gede silakan buat pabrik, tapi konsesinya ada di rakyat. Ini kerjsama gotong rakyat, agar gini rasio semakin sempit. Nanti akan kita keluarkan kebijakan pemerataan ekonomi,” tutur Presiden Jokowi.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!