Reksadana Terlindungi, Investasi Aman dan Return di Atas Deposito

redaksi.co.id - Reksadana Terlindungi, Investasi Aman dan Return di Atas Deposito Dalam mengatur keuangan keluarga, Anda tentu akan membutuhkan keahlian dan juga kemampuan yang mencukupi, terutama...

47 0

redaksi.co.id – Reksadana Terlindungi, Investasi Aman dan Return di Atas Deposito

Dalam mengatur keuangan keluarga, Anda tentu akan membutuhkan keahlian dan juga kemampuan yang mencukupi, terutama . Di dalam keuangan, investasi merupakan komponen penting yang akan membantu Anda untuk bisa mencapai berbagai tujuan keuangan keluarga.

Hal ini sangat penting, mengingat berbagai kebutuhan akan semakin banyak dan mahal, baik itu kebutuhan saat ini, apalagi kebutuhan di masa yang akan datang. Memilih instrumen investasi yang tepat adalah salah satu langkah dalam mencapai tujuan keuangan.

Saat ini, berbagai instrumen investasi bisa diakses dengan mudah, di mana Anda dapat melakukan kegiatan investasi dengan sejumlah pilihan yang bisa disesuaikan pada kebutuhan keuangan. Hal ini tentu menjadi sebuah kemudahan bagi Anda, namun sekaligus menjadi sebuah pekerjaan rumah yang rumit, sebab memiliki sejumlah pilihan investasi yang bisa dipertimbangkan.

Memilih instrumen yang tepat tentu bukan pekerjaan yang mudah, sebab jika salah memilihnya sejak awal, maka besar kemungkinan investasi tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal di dalam keuangan. Pertimbangkan untuk , sebab investasi ini menjanjikan return yang cukup menarik.

Berinvestasi dalam reksadana menjadi pilihan banyak orang, di mana investasi ini tidak merepotkan dan sekaligus memberikan sejumlah return yang cukup besar. Namun, hal tersebut tentu berbanding lurus degan risiko di dalamnya, sebab reksadana tidak memiliki jaminan dari pemerintah.

Lalu, bagaimana jika ternyata Anda menginginkan investasi menguntungkan, dengan sejumlah risiko yang kecil di dalamnya?

Reksadana Terlindungi viacombiboilersleeds.com

Jika menginginkan sebuah investasi dengan return yang cukup tinggi, namun aman, maka reksadana terlindungi merupakan pilihan yang tepat. Investasi ini akan menghilangkan kekhawatiran akan keamanan dana investasi di dalamnya, sebab pemerintah menjamin reksadana terlindungi selayaknya deposito biasa, meskipun terdapat perbedaan di dalamnya.

Reksadana terlindungi merupakan reksadana yang berinvestasi pada obligasi korporasi atau pemerintah, di mana pemerintah memberikan jaminan perlindungan atas dana yang ada di dalam investasi tersebut. Hal ini membuatnya hampir sama dengan deposito, namun dengan sejumlah return yang lebih besar jika dibandingkan dengan deposito biasa. Anda tentu bertanya-tanya, apa sebenarnya yang diproteksi di dalam reksadana ini, bukan?

Jaminan atas dana yang terdapat di dalam reksadana terlindungi merupakan poin penting yang membuat reksadana ini menjadi pilihan banyak orang. Semua orang tentu mengharapkan keamanan di dalam investasi yang dijalankannya.

Reksadana terlindungi dijamin oleh pemerintah, dengan ketentuan bahwa reksadana tersebut tidak akan dicairkan hingga masa jatuh temponya tiba. Artinya, jika melakukan pencairan sebelum masa jatuh tempo, maka jaminan atas dana investasi tersebut akan dicabut kembali oleh pemerintah.

Di dalam reksadana terlindungi, dana yang dijamin oleh pemerintah hanyalah dana pokok yang telah diinvestasikan, dan tidak termasuk sejumlah bunga yang akan didapatkan atas kegiatan investasi tersebut. Sejumlah dana yang disetorkan sebagai dana investasi ini, akan tetap utuh dan tidak mengalami pemotongan apapun, dan akan dikembalikan secara penuh pada saat jatuh tempo.

Sedangkan bunga investasi di dalamnya tidak akan memiliki jaminan dari pemerintah, artinya jika sewaktu-waktu terjadi masalah di dalam investasi yang Anda pilih tersebut, maka bisa saja bunga investasi tidak dibayarkan. Meskipun begitu kecil kemungkinan bahwa bunga investasi ini tidak dibayarkan, namun risiko tersebut tetap ada dan telah menjadi ketentuan di dalam reksadana terlindungi.

Contoh: jika Anda berinvestasi sebesar Rp20.000.000,- dengan bunga 10% per tahun, maka yang akan mendapatkan proteksi dari pemerintah adalah setoran dana investasi Anda tersebut, yakni Rp20.000.000,-. Sedangkan untuk bunga yang sebesar 10% tersebut, tidak akan mendapatkan jaminan dari pemerintah.

Dalam hal ini, bunga akan tetap dibayarkan sebagaimana mestinya, meskipun tidak ada jaminan dari pemerintah. Namun, jika sewaktu-waktu terjadi masalah atau investasi tersebut mengalami kerugian, maka kemungkinan bunga ini bisa saja tidak dibayarkan, tetapi sejumlah setoran dana pokok akan tetap dikembalikan utuh sebagaimana awalnya. Inilah yang membedakan reksadana terlindungi dengan reksadana biasa.

Keuntungan Reksadana Terlindungi viapennickblackwell.com

Dalam melakukan investasi, tentu sangat penting bagi Anda untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan atas kegiatan tersebut. Reksadana terlindungi memberikan beberapa keuntungan, seperti:

Risiko Reksadana Terlindungi vianreionline.com

Sebagaimana investasi lainnya, reksadana terlindungi juga memiliki risiko di dalamnya. Hal inilah yang patut dicermati sejak awal, agar kegiatan investasi dapat berjalan dengan baik ke depannya. Di dalam reksadana terlindungi, Anda harus melakukan kegiatan investasi hingga akhir periode investasi tersebut tiba. Artinya, tidak boleh mencairkan dana investasi tersebut hingga masa jatuh temponya tiba.

Hal ini harus dipertimbangkan dengan matang, sebab periode untuk reksadana terlindungi juga terbilang panjang, yakni sekitar 3-4 tahun. Jika sewaktu-waktu Anda mencairkan dana tersebut sebelum jatuh tempo, maka Anda akan kehilangan jaminan atas dana pokok tersebut. Artinya, bisa saja dana tersebut dikembalikan dalam jumlah yang tidak utuh lagi. Selalu pertimbangkan risiko ini dengan matang, aga bisa terhindar dari kerugian.

Jika Anda ingin sebuah investasi yang dapat memberikan keuntungan besar dengan sejumlah risiko yang kecil, maka reksadana terlindungi dapat dijadikan sebagai pilihan. Investasi ini dijamin oleh pemerintah, meski hanya dana pokoknya saja. Namun jumlah return yang diberikannya, jauh lebih besar dari pada deposito sekalipun. Tidak ada salahnya mempertimbangkan reksadana terlindungi di dalam investasi keuangan.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!