Sri Mulyani: Industri Sawit Bisa Menguntungkan dan Merugikan

redaksi.co.id - Sri Mulyani: Industri Sawit Bisa Menguntungkan dan Merugikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memandang industri sawit memberikan pemasukan besar ke negara. Namun, dari isu...

26 0

redaksi.co.id – Sri Mulyani: Industri Sawit Bisa Menguntungkan dan Merugikan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memandang industri sawit memberikan pemasukan besar ke negara. Namun, dari isu lingkungan dan sosial industri ini kerap diterpa kampanye hitam dari beberapa kalangan penggiat lingkungan.

“Dari sisi benefit kelapa sawit menguntungkan, tapi fenomena kebakaran hutan patut dipertanyakan apakah imbang dengan sisi ekonomi yang dihasilkan,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menurut mantan Direktur Bank Dunia ini, hasil survei Bank Dunia menunjukkan bahwa dimensi negatif soal fenomena kebakaran besar yang kerap terjadi akibat konversi lahan menjadi perkebunan sawit mencapai 10 persen pemicu kebakaran hutan.

Sri Mulyani memperkirakan bahwa kerugian akibat kebakaran hutan dan kabut asap setara 1,9 persen GDP 2015.

Selain kebakaran hutan yang menimbulkan kematian, musibah itu juga menyebabkan ekspor produk sawit terhenti dan diperkirakan kerugian saat itu mencapai Rp 54 triliun.

“Jadi bukan hanya kalkulasi ekonomi dan financing saja. Tapi kelapa sawit sudah jadi headline di seluruh dunia sekarang,” terangnya.

Maka dari itu, guna meminimalisir kejadian-kejadian yang timbul dari kebakaran hutan, Sri Mulyani berharap, penanaman perkebunan harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Caranya dengan melakukan standarisasi perkebunan sawit melalui penerapan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

“Yang harus dilakukan perbaiki tata kelola baik dari hulu sampai hilir. Tujuannya supaya seluruh dimensi apakah manusia, petani, pekerja, dimensi ekonomi dan sosial bisa terus berjalan,” pungkasnya.

Penulis: Iwan Supriyatna

Editor: Bambang Priyo Jatmiko

Copyright Kompas.com

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!