Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Dibuka Sebelum Lebaran 2017

redaksi.co.id - Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Dibuka Sebelum Lebaran 2017 Jalan tol yang menghubungkan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatra Utara diperkirakan bisa dibuka sebelum Lebaran 2017 atau sebelum...

29 0

redaksi.co.id – Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Dibuka Sebelum Lebaran 2017

Jalan tol yang menghubungkan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatra Utara diperkirakan bisa dibuka sebelum Lebaran 2017 atau sebelum akhir Juni.

Jalur tol yang rencananya terus disambung ke Siantar dan Parapat itu akan mempercepat akses menuju Danau Toba, salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas, kata Kepala Balai Besar Jalan Nasional II Medan Paul Ames Halomoan seusai rapat di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (3/2).

“Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi kita sudah mulai buka sebelum Lebaran. Nanti baru dilanjutkan dari Tebing Tinggi ke Siantar lalu ke Parapat,” katanya.

Paul menuturkan, secara keseluruhan, jalan tol dari Medan hingga Parapat sepanjang 90 kilometer akan dibuka secara keseluruhan pada Desember 2017.

Menurut dia, keberadaan jalan tol akan signifikan memperlancar arus lalu lintas lantaran waktu tempuh jalur Medan-Tebing Tinggi paling cepat adalah tiga jam.

“Kalau lagi musim liburan di atas lima jam. Bahkan kemarin Natal dan Tahun Baru di Parapat bisa 11 jam ke Siantar. Padahal biasanya hanya dua jam,” urainya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menuturkan selain mengakselerasi jalur menuju Danau Toba, pemerintah juga akan menghubungkan Medan dengan kawasan industri Kuala Tanjung.

“Kita sedang persiapan untuk penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)-nya. Harapannya Februari ini kami rencanakan tanggal 20an bisa ditandatangani,” katanya.

Danau Toba menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata Indonesia yang menjadi prioritas untuk dikembangkan saat ini.

Adapun sembilan destinasi wisata lainnya adalah kawasan Candi Borobudur (Jawa Tengah); Tanjung Kelayang (Belitung); Kepulauan Seribu (DKI Jakarta); Tanjung Lesung (Banten); Bromo, Tengger, Semeru (Jawa Timur); Mandalika (Nusa Tenggara Barat); Wakatobi (Sulawesi Tenggara); Pulau Morotai (Maluku Utara); dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

Dari 10 destinasi, tiga di antaranya, yakni Danau Toba, Borobudur dan Mandalika jadi prioritas pada 2017.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!