Rusaknya Lift Stasiun Parung Panjang dan Langkah Renta Nenek Imas

redaksi.co.id - Rusaknya Lift Stasiun Parung Panjang dan Langkah Renta Nenek Imas Nenek Imas (71) berjalan perlahan menuruni tangga di Stasiun Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Rabu...

35 0

redaksi.co.id – Rusaknya Lift Stasiun Parung Panjang dan Langkah Renta Nenek Imas

Nenek Imas (71) berjalan perlahan menuruni tangga di Stasiun Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Rabu (1/2/2017). Tangannya menggenggam erat ke pegangan anak tangga agar langkahnya tetap kokoh. Tak ada petugas stasiun atau pun penumpang lain yg membantunya.

“Saya sebenarnya sudah tidak kuat (naik tangga),” kata Nenek Imas kepada Kompas.com.

Nenek Imas merupakan salah satu dari sekian penumpang lanjut usia yang terpaksa menggunakan tangga di stasiun Parung Panjang.

Stasiun Parung Panjang, yang baru direnovasi dan diresmikan pada Mei 2016 lalu, sebenarnya mempunyai sebuah lift. Di depan pintu lift tertempel stiker yang menunjukan bahwa lift ini diprioritaskan untuk lanjut usia, ibu hamil, ibu dengan balita, dan penyandang disabilitas. Namun, sudah dua bulan terakhir ini, lift di stasiun tersebut mengalami kerusakan.

“MOHON MAAF LIFT UNTUK SEMENTARA TIDAK BISA DIGUNAKAN TERIMAKASIH,” demikian bunyi tulisan yang tertempel di samping pintu lift.

Wakil Kepala Stasiun Parung Panjang Yodi Ismanto mengaku, pihak stasiun tidak bisa memperbaiki lift sepihak. Sebab Stasiun Parung Panjang berada di bawah Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Begitu lift rusak, pihaknya sudah memberikan informasi baik secara lisan atau pun tertulis. Namun, hingga saat ini, belum pernah ada tindak lanjut dari Satker Ditjen Perkeretaapian.

“Liftnya rusak sudah dari sebulan atau dua bulan yang lalu,” kata Yodi kepada Kompas.com, Jumat (3/2/2017) pagi ini.

Vice President Corporate Communication PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisajuga menyampaikan hal serupa. Ia kaget mengetahui lift di stasiun Parung Panjang belum juga diperbaiki. Padahal, laporan sudah disampaikan sejak lama.

“Oalah.., Parung Panjang belum diberesin juga. Nanti kita confirm lagi,” ucap Eva.

Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Joice Hutajulu enggan berkomentar banyak. Ia mengaku akan mengkoordinasikan masalah kerusakan lift ini terlebih dulu.

“Terima kasih infonya pak. Saya coba koordinasi terlebih dahulu untuk hal ini,” kata Joice saat dihubungi Jumat pagi ini pukul 09.30 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lanjutan dari Joice atau pun pihak Ditjen Perkeretaapian terkait kerusakan lift.

Penulis: Ihsanuddin

Editor: Ana Shofiana Syatiri

Copyright Kompas.com

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!