Saling Puji Komandan Lama dan Baru Warnai Malam Sambut-Pisah Dan Grup 3 Kopassus Cijantung

JAKARTA Redaksi.co.id – Saling puji antara Komandan Lama dan Baru Grup 3 Sandhi Yudha Kopassus Cijantung, warnai acara Malam Sambut Pisah di Lapangan Tembak Ksatria, Mako Kopassus,...

215 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Saling puji antara Komandan Lama dan Baru Grup 3 Sandhi Yudha Kopassus Cijantung, warnai acara Malam Sambut Pisah di Lapangan Tembak Ksatria, Mako Kopassus, Cijantung, Jaktim, Sabtu (16/05/2015) malam.

Pujian dari Dan Grup lama, Letkol Inf. JO Sembiring, SH, SE terhadap Komandan baru Grup 3 Koppassus, Kolonel Inf. Richard TH Tampubolon, SH, MM mengalir, hingga tepuk tangan hadiri bertubi-tubi.

“Sejak saya hadir di Kopassus, Kolonel Richard Tampubolon sudah menjadi mentor saya. Dan apa yang ada dalam diri saya selama ini, banyak diwarnai oleh spirit dan pengetahuan yang ditanamkan Kolonel Richard kepada saya,” ucap Letkol JO Sembiring dalam sambutannya, disambut tepuk tangan hadirin.

Jo (panggilan akrab JO Sembiring) mengatakan, untuk itu, kehadiran Kol. Richard menjadi komandan baru Dan Grup 3 sangatlah tepat dan tak perlu diragukan lagi.

“Sebab itu, prestasi Dan Grup 3 harus semakin makin meningkat, apalagi saya tahu kemampuan Kolonel Richard yang sangat berpengalaman. Kehadiran beliau di grup 3 sudah tidak perlu diragukan lagi,” ungkap Letkol Jo, membuat tepuk tangan kembali membahana.

Selanjutnya, Letkol Jo (sebutan akrab) bertugas di luar keluarga besar Kopassus. Mantan Kapen Kopassus tersebut saat ini dipercaya menjadi pengajar di Sekolah Komando TNI AD (Seskoad) di Bandung, Jawa Barat.

“Saya sangat berterimakasih atas semua dedikasi pendidikan, latihan, tugas operasi kepada seluruh prajurit grup 3. Saya sekarang jadi Dosen madya di Seskoad, jadi pahlawan tanpa tanda jasa. Sama seperti Sandi Yudha motonya. Kita tidak perlu penghargaan, apa yang saya dapat dengan parajurit di sini saya akan mempertanggungjawabkannya untuk bisa lebih baik lagi,” lanjutnya.

Sementara itu Kolonel Richard Tampubolon, sebelumnya adalah Komandan Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kertosuro, Jateng. Saat menjadi Dan Grup 2 Kopassus, Kolonel Richard memimpin langsung pasukannya membantu evakuasi bencana longsor di Banjarnegara akhir tahun 2014 lalu.

Kolonel Richard dalam sambutannya mengaku sangat mengela Letkol Jo yang tidak pernah diam, dan bergerak terus. Bahkan Jo dikenalnya sebagai prajurit yang juga akademis.

“Bicara tentang Letkol Jo, mungkin tak cukup seminggu. Karena Letkol Jo ini prajurit yang tidak pernah diam. Apalagi jika menangani sesuatu operasi atau acara besar. Dia akan bergerak terus, mempersiapkan dan mendeteksi apa yang perlu dan apa yang harus ditindaklanjuti. Dia juga seorang prajurit yang akademis. Jadi cocoklah beliau sebagai dosen di Seskoad,’ tutur Richard disambut tepuk tangan hadirin.

Semula, Kol Richard berpikir, karirnya akan berakhir di Grup 2. Namun dia sangat bangga, ketika ditarik ke Gup 3 Jakarta. Dan dia akan meneruskan keberhasilan Letkol Jo dalam memimpin Grup 3 Kopassus, dengan mengembangkan visi dan misi prajurit yang berkarakter dan berwawasan.

“Saya itu wong ndeso dari Solo, malu-malu mau masuk di Jakarta. Tapi kata Pak Jo jangan ragu-ragu. Saya berharap di Grup 3, apapun pangkat dan jabatan saudara, berapapun usia saudara, kita bisa berkarakter dan berwawasan. Tentu, saya sangat bangga dengan penugasan baru ini. Dan apa yang sudah diterapkan Letkol Jo selama ini, saya akan lanjutkan dan kembangkan lagi untuk menjadikan prajurit berkrakter dan berwawasan,” lanjut Richard.

Malam Sambut Pisah digelar, setelah paginya dilakukan pergantian Komandan Grup 3/ Kopassus, secara militer. Prosesi pelepasan Letkol Jo beserta isteri diakhiri dengan menghantar prajurit ke pintu gerbang keluar markas dengan penerangan obor, dimana penerangan listrik sengaja dipadamkan.

Sementara itu, acara hiburan diisi para artis penyanyi top ibukota antara lain: Reza Arthamevia, Artis Grup Batak, dan Tortor Batak, beserta artis dangdut. (DANS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!