Makam Pahlawan Asal Ambon Digali, Jasadnya Dipindahkan ke Tempat Kelahiran

redaksi.co.id - Makam Pahlawan Asal Ambon Digali, Jasadnya Dipindahkan ke Tempat Kelahiran FOTO: Makam pahlawan perintis kemerdekaan asal Ambon, Alexander Jacob Patty di Taman Pemakaman Umum...

44 0

redaksi.co.id – Makam Pahlawan Asal Ambon Digali, Jasadnya Dipindahkan ke Tempat Kelahiran

FOTO: Makam pahlawan perintis kemerdekaan asal Ambon, Alexander Jacob Patty di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Pandu, Kota Bandung, dibongkar, Rabu (22/3/2017). Pembongkaran itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung dan Kodam III Siliwangi dengan tujuan memindahkan kerangka jenasah Alexander Jacob Patty dari TPU Pandu, Kota Bandung ke Taman Makam Pahlawan Kapaha, Ambon.KOMPAS.com/Putra Prima Perdana.

Makam pahlawan perintis kemerdekaan asal Ambon, Alexander Jacob Patty di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Pandu, Kota Bandung, dibongkar, Rabu (22/3/2017).

Pembongkaran itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung dan Kodam III Siliwangi dengan tujuan memindahkan kerangka jenazah Alexander Jacob Patty dari TPU Pandu, Kota Bandung ke Taman Makam Pahlawan Kapaha, Ambon.

“Kita bermaksud menempatkan almarhum pada tempat yang layak di daerah asal almarhum,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku,Sartono Pinningsaat ditemui di sela-sela penggalian, Rabu siang.

Kerangka Alexander Jacob Patty akan ditempatkan di dalam sebuah peti berwarna putih, lalu akan dibawa ke Ambon dari Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat.

“Besok pagi tiba di Ambon. Sekitar pukul 10.00 WIT akan dilakukan prosesi pemakaman yang akan dihadiri gubernur Maluku. Di sana sudah siap,” jelasnya.

Sartono menambahkan, pemindahan kerangka jenazah Alexander Jacob Patty merupakan usulan dari keluarga dan masyarakat Ambon, baik yang tinggal di Bandung maupun di Ambon sejak satu tahun lalu.

“Kita bermaksud menjadikan almarhum tokoh orangtua, pejuang yang memiliki semangat patriotisme, berjuang demi kepentingan negara. Kita berharap semangatnya bisa jadi motivasi untuk dibagikan kepada generasi kita di Indonesia,” ujarnya.

Alexander Jacob Patty lahir pada tanggal 12 Desember 1889 dan meninggal pada 16 Januari 1953. Namanya juga diabadikan menjadi salah satu jalan di Ambon.

Penulis: Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Editor: Farid Assifa

Copyright Kompas.com

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!