Investasi Reksa Dana Rp 1 Juta Bisa Dapat Untung Berapa Ya?

redaksi.co.id - Investasi Reksa Dana Rp 1 Juta Bisa Dapat Untung Berapa Ya? Apa kiranya yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp 1 juta? Pastinya bisa...

219 0

redaksi.co.id – Investasi Reksa Dana Rp 1 Juta Bisa Dapat Untung Berapa Ya?

Apa kiranya yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp 1 juta? Pastinya bisa nonton bioskop premiere, makan di restoran mewah atauall you can eat, belanja barang fashionterkini, sampai memanjakan diri ke spa.

Namun setelah semuanya terbeli, selesai pula kenikmatannya. Uang Rp 1 juta tersebut juga akan berkurang atau habis, dan bahkan bisa jadi minus karena berutang.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan uang Rp 1 juta tersebut agar nilainya bisa berlipat ganda. Salah satunya dengan cara investasi.

Konsep investasi pada dasarnya adalah menunda penggunaan dana untuk konsumsi di masa kini agar kita bisa menikmatinya di masa depan dengan dana yang lebih besar.

Nah, sekarang dengan uang Rp 1 juta tersebut, bagaimana kalau kita investasi di reksa dana? Produk investasi itu memang menghasilkan untung (return) dengan risiko yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi.

Bicara soal keuntungan reksa dana, kita bisa melihatnya dari kinerja masa lalu (track record) reksa dana. Ada 4 jenis reksa dana konvensional, yaitu reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Keempat reksa dana tersebut memiliki potensi keuntungan dan risiko yang berbeda-beda.

Berdasarkan data dari Bareksa, berikut ini perkiraan return untuk masing-masing produk reksa dana:

Berdasarkan tabel di atas, langsung coba simulasi yuk. Katakanlah kita berinvestasi pada reksa dana saham dengan uang Rp 1 juta selama 5 tahun (60 bulan).Dengan potensi keuntungan per tahunnya 15,17 persen, maka uang kita berpotensi tumbuh Rp 758.700 menjadi Rp 1.758.700, seperti yang tampak pada tabel di bawah ini.

Uang ini masih bisa bertambah lebih besar lagi lho kalau kita berinvestasi pada reksa dana secara rutin setiap bulan selama 5 tahun. Dengan skenario ini, dana pokok yang terkumpul mencapai Rp 60 juta. Jumlah ini bisa tumbuh sebanyak Rp 28.987.039 menjadi Rp 88.987.039.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, jelas kan kalau uang Rp 1 juta yang kita putar di reksa dana bakal punya nilai lebih di masa depan. Hal ini jauh lebih baik dibanding menghabiskan uang tersebut saat ini hanya untuk melakukan konsumsi. Dari hasil investasi, kita bisa melakukan konsumsi dengan nilai yang lebih besar di masa depan.

Yang perlu dicatat adalah setiap investasi pasti punya risiko. Semakin tinggi risiko yang dihadapi, maka semakin besar tingkat keuntungan yang diharapkan (high risk high return).

Makanya, ketika kita berinvestasi, kita harus mempertimbangkan setiap risiko dan tingkat keuntungannya. Jangan lupakan juga tujuan investasi, termasuk jangka waktunya.

Ilustrasi keuntungan reksa dana di masa lalu ini memang menarik, tetapi gak dapat mencerminkan kepastian keuntungan reksa dana di masa depan sepenuhnya. Kinerja masa lalu ini bisa diibaratkan seperti sebuah tim sepakbola yang telah menjuarai 10 pertandingan berturut-turut, sehingga potensinya jadi pemenang di kemudian hari juga besar.

Tapi ini bukan harga mati. Bukan tidak mungkin juga tim ini mendulang kekalahan di pertandingan selanjutnya, karena banyak faktor yang menentukan.

Yang pasti, dengan adanya kinerja masa lalu, kita jadi memiliki bayangan untuk dapat memprediksi kinerja tim tersebut di masa depan. Hal yang sama juga berlaku dalam mengukur keuntungan reksa dana.

appeared first on the

MoneySmart blog

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!