Menko Darmin: Tak Ada Alasan Lagi S&P Tidak Naikkan Rating Indonesia

redaksi.co.id - Menko Darmin: Tak Ada Alasan Lagi S&P Tidak Naikkan Rating Indonesia Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tak mau menebak-nebak, apakah lembaga pemeringkat Standard &...

45 0

redaksi.co.id – Menko Darmin: Tak Ada Alasan Lagi S&P Tidak Naikkan Rating Indonesia

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tak mau menebak-nebak, apakah lembaga pemeringkat Standard & Poor (S&P) akan memberikan peringkat layak investasi atau investment grade untuk Indonesia atau tidak.

Meski begitu, Darmin menegaskan bahwa pemerintah sudah menunjukan perbaikan-perbaikan kepada S&P. Kemarin, perwakilan S&P sudah menemui pemerintah.

“Kami sudah tunjukan bahwa enggak ada alasan lagi (S&P) untuk tidak menaikan ranking Indonesia,” ujarnya saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Darmin yang menerima langsung perwakilan S&P menuturkan, lembaga pemeringkat itu banyak menanyakan terkait fiskal. Diakui Darmin, fiskal Indonesia banyak menyimpan masalah tahun lalu.

Masalah fiskal itu tutur ia dikritisi langsung oleh S&P saat perwakilannya menemui pemerintah pada tahun lalu. Namun tahun ini pemerintah sudah melakukan perbaikan dan S&P tertarik mengetahui lebih dalam.

FOTO: Menteri Koordinator Perekonomian Darmin NasutionYOGA SUKMANA

Selain fiskal, perwakilan S&P juga banyak menanyakan tentang kebijakan deregulasi ekonomi. Seperti diketahui, pemerintah melakukan deregulasi besar-besaran untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sejak 2015.

Darmin mengakui tak bisa menjelaskan semua secara rinci kepada perwakilan S&P. Sebab pertemuan itu memiliki waktu terbatas “Jadi tinggal kita lihatlah,” kata Darmin.

Penulis: Yoga Sukmana

Editor: Bambang Priyo Jatmiko

Copyright Kompas.com

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!