Pemerintah Targetkan Bangun 30 Ribu Embung Desa

redaksi.co.id - Pemerintah Targetkan Bangun 30 Ribu Embung Desa Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Pending Dadih Permana mengatakan Kementerian Pertanian dan Kementerian...

50 0

redaksi.co.id – Pemerintah Targetkan Bangun 30 Ribu Embung Desa

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Pending Dadih Permana mengatakan Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa tengah menargetkan untuk membangun sekitar 30 ribu embung desa di lahan tadah hujan. Hal ini untuk mendorong peningkatan produksi pertanian tanaman pangan secara nasional.

“Kementan dan Kemendes sudah mengadakan MoU kerja sama. Tahun ini, secara nasional akan dibangun sekitar 30 ribu embung di desa-desa yang wilayah pertaniannya tergolong tadah hujan,” ujar dia saat mengunjungi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bismillah, di Desa Renteng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Kamis (23/3).

Dia berharap, adanya kerja sama itu mampu mewujudkan pembangunan embung yang ditopang alokasi anggaran dana desa (ADD) di masing-masing desa sasaran. Menurutnya, pembangunan embung atau penampungan air tadah hujan dapat menunjang kebutuhan air pertanian di kawasan tadah hujan saat musim kemarau tiba.

“Dengan begitu, desa-desa yang tadinya hanya bisa menanam satu kali dalam setahun kan bisa meningkat jadi dua kali setahun,” katanya menambahkan.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!