Hati-Hati, Pesan Broadcast Palsu di BBM dengan Iming-Iming Hadiah

redaksi.co.id - Hati-Hati, Pesan Broadcast Palsu di BBM dengan Iming-Iming Hadiah Salah satu pesan broadcastspam kembali beredar di BlackBerry Messenger (BBM). Kali ini, pesan berisi pengumuman...

109 0

redaksi.co.id – Hati-Hati, Pesan Broadcast Palsu di BBM dengan Iming-Iming Hadiah

Salah satu pesan broadcastspam kembali beredar di BlackBerry Messenger (BBM). Kali ini, pesan berisi pengumuman bahwa penerima pesan telah berhasil memenangkah hadiah sebuah mobil dan diharuskan mengunjungi situs tertentu.

“Selamat kepada Anda Pemilik BBM Android. Anda telah beruntung memenangkan Hadiah 1 unit mobil Honda Jazz Rs dari PT Android CEO Indonesia dengan Code ID. RKP Pemenang Anda (RIM447D). Untuk info hadiah klik atau kunjungi situ resmi kami, www.hadiah-android88.blogspot.com,” tulis pesan yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (24/3/2017).

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, pesan itu dipastikan merupakan spam. Berdasarkan pencarian, modus serupa sebenarnya sudah dilakukan sejak 2013. Namun platform dan informasi kontak yang dapat dihubungi mengalami sedikit perubahan.

Untuk itu, pengguna BBM yang menerima pesan tersebut untukmengabaikannya.Bagi pengguna yang terlanjur membuka situs yang dimaksud, sebaiknya tak untuk melakukan panggilan terlebih ke nomor yang dicantumkan dalam situs tersebut.

Pengguna juga bisa melaporkan pengirim pesan sebagai spam. Kini, BBM telah memudahkan pengguna untuk melaporkan pihak lain yang dianggap sering mengirimkan pesan mengganggu. “Kami telah mendengar dari para pengguna bahwa akun BBM mereka diundang oleh orang-orang tak dikenal. Kini pengguna bisa melaporkannya sebagai spam,” tutur tim BBM.

Lantas, bagaimana menanggulangi pesan spam yang kemungkinan muncul di kemudian hari? Salah satu cara paling efektif adalah memblokir pengirim pesan tersebut, sehingga pengguna dipastikan tak mendapat pesan dari orang tersebut.

Lalu, jika pesan tersebut mengiming-imingi hadiah dalam jumlah tertentu, selalu pastikan kebenarannya terlebih dulu. Cari dan telusuri informasi mengenai pemberi hadiah di internet, termasuk memastikan nomor telepon yang disertakan. Apabila dirasa tak benar, kamu dapat langsung mengabaikan pesan tersebut.

(Dam/Cas)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!