Mau Mulai Berinvestasi? Cobalah Reksa Dana Pasar Uang

redaksi.co.id - Mau Mulai Berinvestasi? Cobalah Reksa Dana Pasar Uang Sejak kecil, kita semua sudah didoktrin rajin menabung oleh orangtua. Tujuannya sudah pasti untuk menghindari perilaku...

97 0

redaksi.co.id – Mau Mulai Berinvestasi? Cobalah Reksa Dana Pasar Uang

Sejak kecil, kita semua sudah didoktrin rajin menabung oleh orangtua. Tujuannya sudah pasti untuk menghindari perilaku konsumtif yang erat kaitannya dengan kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat.

Untuk mencegah perilaku yang boros tersebut, jelas kita wajib berhemat. Masih ingat pepatah Hemat pangkal kaya? Ini fakta lho, karena mereka yang hemat pasti menabungkan uangnya dan pada akhirnya berhasil memperoleh harta atau aset yang diinginkan di masa depan.

Bahkan, apabila menabung ini dilakukan lewat investasi, keuntungan yang kamu dapat bisa berlipat dibandingkan sekadar menabung biasa di bank. Kok bisa? Ya bisa dong, karena kegiatannya gak hanya sekadar menyimpan uang.

Sebelum berinvestasi, kita perlu mengetahui keuntungan dan risiko dari seluruh produk investasi. Bagi seorang pemula yang awam investasi, tentu cara aman yang dipilih dalam mempersiapkan tujuan keuangannya adalah menabung di bank atau deposito.

Padahal zaman sekarang, kita bisa menabung melalui produk keuangan seperti reksa dana pasar uang dengan risiko yang relatif rendah. Tidak hanya itu, keuntungan yang didapat pun melebihi bunga tabungan atau deposito. Tertarik gak?

Reksa dana pasar uang memang sangat cocok bagi masyarakat yang baru mengenal investasi dan gak mau memilih yang risikonya tinggi. Produk investasi ini memiliki mayoritas aset berupa deposito dan surat utang yang jatuh tempo kurang dari setahun.

Gak perlu khawatir salah mengelolanya, karena produk ini diatur oleh para manajer investasi profesional dalam sebuah portofolio efek.

Inilah yang menjadikan risiko reksa dana pasar uang relatif rendah seperti halnya deposito. Meski demikian, hasil yang diperoleh bisa melebihi deposito karena aset lain yang terdapat dalam portofolio turut berkontribusi terhadap keuntunganmu.

Saat ini, bunga tabungan hanya sekitar 1 persen per tahun, sedangkan deposito berkisar 4-5 persen per tahun. Nah, reksa dana pasar uang bisa mencapai hingga 8 persen per tahun. Lebih besar bukan?

Kamu bisa mencari produk reksa dana pasar uang yang menghasilkan return di atas rata-rata. Menurut data Bareksa, berikut ini di antaranya:

Dengan memilih reksa dana pasar uang sebagai pilihan awal berinvestasi sekaligus menabung, kita bisa mempersiapkan keuangan masa depan dengan tepat dan aman. Jadi, mari kita pilih reksa dana pasar uang sebagai langkah awal menabung sekaligus berinvestasi.

The post

Mau Mulai Berinvestasi? Cobalah Reksa Dana Pasar Uang

appeared first on the

MoneySmart blog

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!