Warisan sang jenius, Johan Cruyff

redaksi.co.id - Warisan sang jenius, Johan Cruyff Johan Cruyff, yang meninggal dunia karena kanker pada 24 Maret 2016 silam, telah memberikan kontribusi besar terhadap sepakbola, dan...

38 0

redaksi.co.id – Warisan sang jenius, Johan Cruyff

Johan Cruyff, yang meninggal dunia karena kanker pada 24 Maret 2016 silam, telah memberikan kontribusi besar terhadap sepakbola, dan kemanusiaan.

Kini, setahun setelah kepergiannya, banyak orang masih memujinya atas kontribusi yang diberikan. Teman-teman dan keluarganya masih akan bertanya “apa yang akan Johan lakukan?” jika menemui masalah dalam kehidupannya.

“Kapanpun saya menghadapi dilema yang mesti dipecahkan, atau membuat keputusan, saya selalu memikirkan apa yang kiranya bakal dia lakukan,” tutur Jordi Cruyff, anak dari Johan,kepada Sportyou. “Ada semacam afeksi spesial yang orang perlihatkan, dan itu mengejutkan kami, dalam cara yang baik. Kami sangat bangga, saudara-saudara, ibu saya dan saya sendiri, karena telah menyadari sambutan hangat dari orang-orang.”

Dalam kesempatan itu, Jordi juga mengenang hubungannya dengan sang ayah. Jordi mengingat Johan Cruyff sebagai pribadiyang ‘hidup’. “Dia adalah pria yang mencintai keluarganya, yang memiliki nilai-nilai, sangat tegas, tetapi tentunya saya tidak mengingatnya dengan cara yang sama dengan orang lain, karena dia adalah ayah saya.” Jordi juga mengingat betapa sang ayah adalah orang yang hiperaktif. “Dia tidak bisa berhenti melakukan apapun.”

Di sisi lain, Joan Laporta, teman dengan Johan, mengingatnya sebagai orang yang “brilian”. Bagi sang mantan presiden Barcelona, “Dia seorang pemberani, pemberontak… Orang akan selalu membicarakan filosofi sepakbolanya, tapi sesungguhnya itu merupakan filosofi hidup. Cruyffism adalah tentang menjadi berani, menghadapi kenyataan, membuat keputusan. Sesungguhnya, kebaikan Johan telah memberi dampak besar pada kami, dan telah mengubah kami yang mencintai dirinya.”

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!