Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

redaksi.co.id - Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas Ketika berencana untuk melakukan travelling, kita seringkali dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup mahal, terutama jika...

56 0

redaksi.co.id – Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Ketika berencana untuk melakukan travelling, kita seringkali dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup mahal, terutama jika destinasi wisata yang akan kita kunjungi berada di luar negeri. Berbagai biaya dan juga kebutuhan lainnya selama travelling, bisa saja menguras kantong dalam-dalam. Hal ini tentu patut diantisipasi sejak awal, agar perjalanan liburan bisa tetap berjalan lancar meskipun dilakukan dengan biaya yang terbatas.

Namun jangan khawatir, meskipun dengan biaya yang terbatas, perjalanan liburan dapat dilakukan dengan menyenangkan. Hal ini tentu akan membutuhkan persiapan yang cukup matang sejak jauh-jauh hari, mengingat biaya berbagai kebutuhan travelling ini bisa saja berubah setiap saat. Jadi, sangat penting untuk memiliki sebuah rencana perjalanan yang matang terlebih dahulu, sebelum akhirnya berbagai kebutuhan lainnya Anda upayakan dengan baik.

Pastikan memiliki sebuah rencana perjalanan yang tepat, di mana tersebut telah Anda perhitungkan dengan matang. Sebagian besar orang bahkan memilih untuk mengagendakan kegiatan travelling mereka sejak jauh-jauh hari (beberapa bulan sebelum keberangkatan), sehingga mereka dapat memilih waktu dan juga berbagai fasilitas yang dibutuhkan dengan harga yang cukup murah.

Berbeda halnya jika merencanakan kegiatan travelling ke luar negeri secara dadakan, maka Anda akan dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup mahal, terutama untuk biaya tiket dan juga hotel selama liburan di sana. Perencanaan awal ini juga akan memungkinkan untuk bisa menyusun rencana perjalanan dan juga kegiatan yang akan dilakukan selama berada di luar negeri, hal ini bahkan dapat menghemat banyak pengeluaran selama melakukan travelling di luar negeri.

Saat akan menyusun rencana travelling dengan budget terbatas, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini yang dapat dilakukan untuk membuat perjalanan liburan Anda tetap menyenangkan:

Pilih Waktu yang Tepat via shutterstock.com

Hal pertama yang patut Anda pertimbangkan ketika akan travelling ke luar negeri adalah pemilihan waktu yang tepat, sebab hal ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan ini nantinya. Sangat dianjurkan untuk memilih melakukan perjalanan di low season, di mana harga tiket dan juga penginapan serta berbagai kebutuhan liburan lainnya sangat terjangkau.

Pada waktu-waktu seperti ini, Anda akan bisa melakukan perjalanan dengan biaya yang sangat hemat, sehingga biaya perjalanan Anda bisa ditekan dengan baik. Berbeda halnya jika memilih waktu liburan di high season, maka akan dihadapkan pada biaya yang mahal, baik itu untuk pembelian tiket, sewa penginapan, dan bahkan biaya untuk memasuki berbagai destinasi wisata di sana nantinya.

Jangan salah, jumlah perbedaan harga di antara kedua musim ini terbilang cukup besar, sehingga sangat tepat jika telah mempertimbangkan sejak awal. Pilih waktu travelling di luar musim liburan, sehingga perjalanan liburan tersebut bisa dilakukan dengan uang terbatas.

Jika melakukan , maka akan sangat tepat jika Anda mempertimbangkan untuk mengunjungi berbagai negara yang telah membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anda bisa memilih berbagai negara tujuan wisata dengan leluasa, mengingat negara-negara ASEAN telah menerapkan sistem bebas visa ini untuk kunjungan WNI ke sana. Meski hanya negara tetangga saja, tentu berbagai destinasi wisata di negara-negara tersebut juga tidak kalah indahnya dengan negara di benua lainnya, bukan?

Selain pilihan beberapa negara ASEAN, Anda juga dapat mempertimbangkan perjalanan ke beberapa negara lainnya yang telah bebas visa bagi kunjungan WNI. Maroko, Macau, dan Hongkong adalah pilihan negara bebas visa lainnya yang dapat dipertimbangkan.

Biaya visa tersebut cukup besar, terutama jika berencana mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu kali perjalanan travelling, bayangkan berapa banyak uang yang dapat dihemat dengan mempertimbangkan pilihan negara bebas visa ini.

Promo Tiket Murah via shutterstock.com

Di luar sana, ada banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan penumpang, sehingga memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiket penerbangan dengan harga termurah sekalipun. Beberapa maskapai penerbangan sangat gencar untuk melakukan kegiatan promosi, salah satunya dengan cara menebar tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau.

Bukan hanya destinasi dalam negeri saja, namun tiket promo ini juga banyak diberikan untuk pilihan berbagai destinasi penerbangan luar negeri, manfaatkan hal ini dengan baik. Pada umumnya, tiket promo akan dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

Cari informasi yang akurat mengenai hal ini lewat internet dengan cara mengunjungi situs resmi maskapai yang bersangkutan, atau dapat juga membuka situs travel agent besar lainnya yang dapat dipercaya. Jangan lupa untuk mempersiapkan jadwal dan juga dananya sejak awal, agar perburuan tiket murah dapat berjalan dengan lancar.

Selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan hal ini dengan baik sejak awal. Sama halnya dengan tiket pesawat, sewa hotel juga akan mengalami peningkatan yang tajam di musim liburan, jadi pertimbangkan juga untuk memesannya sejak jauh-jauh hari.

Tidak harus selalu yang mahal dan mewah, bisa juga menginap di hotel yang murah dan memiliki standar kualitas yang layak. Ada banyak pilihan hotel yang bisa Anda pertimbangkan, yang hanya perlu mencari informasi tersebut lewat internet saja, dan bahkan untuk pemesanannya sekalipun.

Hindari untuk memilih hotel yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata, sebab harganya akan jauh lebih mahal. Ada baiknya Anda memilih hotel yang terletak sedikit jauh dari keramaian dan juga lokasi wisata, namun masih dekat dengan fasilitas angkutan publik, sehingga akan lebih mudah untuk bepergian dan menemukan berbagai kebutuhan selama di sana.

Trasportasi Publik via shutterstock.com

Selama berada di luar negeri, akan sangat hemat jika selalu menggunakan alat transportasi publik, seperti: kereta, bus, dan juga yang lainnya. Berbagai mode transportasi ini hanya akan dikenakan sejumlah biaya yang cukup terjangkau, sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran ketika berjalan-jalan di sana.

Upayakan untuk menghafal dan mencari tahu mengenai jadwal operasi mode transportasi publik di kawasan yang Anda kunjungi, sehingga bisa berangkat dan kembali lagi ke penginapan dengan aman dan biaya yang murah.

Bepergian dengan menggunakan taksi selama berada di luar negeri, akan menguras uang yang cukup banyak dari kantong Anda. Jadi, upayakan untuk selalu bepergian dengan menggunakan alat transportasi publik saja selama berada di luar negeri nanti.

Selama berada di luar negeri, Anda tentu akan membutuhkan asupan gizi yang baik, agar perjalanan tetap berjalan lancar dan menyenangkan. Namun, hindarilah untuk makan di kafe / restoran yang banyak dikunjungi oleh pendatang seperti Anda (turis), sebab harga yang akan Anda bayarkan untuk makan di sana juga akan cukup mahal.

Jika melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, maka pilihan untuk makan di warung biasa yang banyak dikunjungi oleh warga lokal bisa dipertimbangkan. Pada umumnya, warung / rumah makan yang ramai dikunjungi oleh warga lokal akan memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Selain makanan, kegiatan belanja juga menjadi hal yang patut Anda siasati dengan baik. Hindari untuk membeli berbagai barang termasuk oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak, belilah secukupnya agar bisa berhemat. Cermati setiap barang yang dibeli, sebab bisa saja harganya bahkan lebih murah ketika membelinya di dalam negeri.

Jelajahi Satu Kawasan Saja via shutterstock.com

Saat berkunjung ke beberapa wilayah di negara yang cukup luas, Anda mungkin akan membutuhkan biaya transportasi dan lainnya yang cukup besar. Hindari untuk melakukan hal ini, sebab akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk melakukannya.

Pilih berbagai destinasi wisata yang berada di satu wilayah saja, misalnya di provinsi yang sama, sehingga bisa bepergian dengan mudah dan menghemat sejumlah biaya transportasi yang cukup besar tersebut.

Biaya menjadi hal utama yang akan Anda pertimbangkan ketika berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun jika dipersiapkan dengan matang sejak awal, maka berbagai biaya ini dapat ditekan dan dihemat dengan efisien.

Susun rencana perjalanan sejak jauh-jauh hari, sehingga leluasa untuk memilih jadwal serta berbagai hal lainnya yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan keuangan dengan rencana perjalanan tersebut, agar perjalanan tetap lancar dan menyenangkan.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!