Cara Cermat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

redaksi.co.id - Cara Cermat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik Pendidikan anak menjadi salah satu hal terpenting yang akan selalu dijadikan sebagai prioritas di dalam keuangan. Hal ini...

50 0

redaksi.co.id – Cara Cermat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Pendidikan anak menjadi salah satu hal terpenting yang akan selalu dijadikan sebagai prioritas di dalam keuangan. Hal ini akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar, sehingga sangat wajar jika mempersiapkan dana pendidikan anak sejak awal dan menjadikannya sebagai salah satu prioritas penting di dalam keuangan.

Bukan hanya itu saja, namun penggunaan dana ini yang baru digunakan di masa yang akan datang, menjadi poin penting mengapa dana pendidikan wajib disiapkan dengan persiapan yang sangat matang sejak awal. Jangan sampai mempersiapkan sejumlah dana yang jauh dari kata cukup, sehingga anak kemudian akan mengalami masalah dan kendala di dalam pendidikannya kelak.

Jumlah yang besar dan penggunaannya yang masih bersifat ditunda (di masa yang akan datang), menjadi dua hal yang kemudian patut Anda perhitungkan dengan matang sejak awal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian orang memang menempatkan dana pendidikan anak mereka pada yang dianggap mampu memenuhi kebutuhan dana tersebut di masa yang akan datang.

Pemilihan instrumen investasi ini juga menjadi hal yang perlu untuk dilakukan dengan cermat, mengingat sejumlah risiko yang terkandung di dalamnya akan mempengaruhi nilai investasi tersebut di masa yang akan datang. Anda tentu tidak ingin mempertaruhkan masa depan anak pada instrumen investasi yang tidak terjamin dan memiliki sejumlah risiko yang tinggi, bukan?

Selama beberapa tahun terakhir, asuransi pendidikan anak menjadi pilihan yang paling banyak digunakan sebagai instrumen untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Hal ini tentu sah-sah saja untuk dilakukan, selama Anda memang memahami dengan baik berbagai aturan serta risiko yang terkandung pada produk asuransi pendidikan yang Anda jadikan sebagai pilihan. Asuransi pendidikan ini memiliki beberapa jenis yang berbeda, sehingga penting untuk mengenalinya dengan baik sejak awal, sebelum Anda membeli salah satu di antaranya.

Hati-hati sebelum membeli, hal ini memang patut dijadikan sebagai sebuah langkah tepat dalam memilih sebuah produk asuransi pendidikan. Meskipun hampir semua perusahaan asuransi memiliki layanan ini, tentu sangat penting bagi Anda untuk memilih salah satu produk yang terbaik di antara berbagai produk yang beredar di pasaran. Kebutuhan dana pendidikan anak menjadi salah satu hal yang paling penting bagi masa depan si kecil, karena itu pastikan hanya akan memilih produk terbaik dan paling tepat untuknya.

Simak beberapa poin penting berikut ini, yang wajib dipahami saat akan membeli asuransi pendidikan untuk anak:

Mengenal Produk secara Detail via shutterstock.com

Hampir semua perusahaan asuransi memiliki layanan asuransi pendidikan, hal ini tentu membuat sejumlah pilihan. Artinya, di luar sana sejumlah produk tersedia dengan berbagai fitur yang berbeda, sehingga penting untuk mengenalinya secara detail, untuk kemudian bisa menemukan salah satu produk terbaik dan paling tepat bagi kebutuhan anak. Setidaknya, ada 2 jenis asuransi pendidikan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain:

Jenis asuransi ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi sebagai asuransi pendidikan. Asuransi yang sekaligus memiliki fungsi investasi ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan asuransi pendidikan anak, mengingat asuransi ini memang akan memberikan imbal hasil atas sebagian dana / premi yang akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Manfaat asuransi sekaligus investasi dapat Anda miliki dengan membeli asuransi yang satu ini.

Jenis dana pendidikan yang satu ini merupakan bentuk dana pendidikan yang memiliki manfaat pasti, di mana uang yang akan diterima sebagai dana pendidikan dijamin sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam proposal. Hal ini berbeda dengan asuransi unit link, yang pada dasarnya memiliki sejumlah risiko dan fluktuasi pendapatan di dalamnya.

Tidak semua perusahaan asuransi memiliki layanan ini, salah satu yang memiliki produk ini adalah Asuransi Manulife dengan produk Pro-Graduate yang memberikan layanan dana pendidikan hingga anak berusia 23 tahun. Dalam hal ini, Manulife akan melakukan pembayaran tunai bagi peserta sesuai dengan nilai polis (guaranted) selama beberapa tahun, hingga peserta menyelesaikan kuliahnya.

Apapun jenis asuransi pendidikan yang dipilih, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengenali produk tersebut secara detail dan mendalam, sehingga bisa menemukan dan memilih produk terbaik yang ada di pasaran.

Mengetahui Biaya Asuransi via shutterstock.com

Anda juga wajib mengetahui berbagai biaya yang dikenakan di dalam asuransi pendidikan yang akan Anda beli nanti. Jangan sampai dana pendidikan tersebut habis dan menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang, hanya karena berbagai biaya yang cukup besar di dalamnya. Penting untuk memastikan hal ini sejak awal, terutama jika produk yang dibeli adalah , yang di dalamnya menerapkan sejumlah kebijakan dan juga biaya yang terbilang cukup besar.

Selain biaya, berbagai risiko yang terkandung di dalam produk asuransi pendidikan juga patut Anda pahami sejak awal. Jika membeli produk dalam bentuk asuransi investasi seperti unit link, tentu memiliki sejumlah risiko yang lebih besar, mengingat produk ini juga memiliki manfaat investasi di dalamnya.

Di dalam investasi akan terdapat risiko yang cukup besar, bahkan fluktuasi nilai investasi yang akan selalu mengikuti perkembangan pasar yang ada. Hal-hal seperti inilah yang wajib Anda pahami dan perhitungkan sejak awal, agar manfaat asuransi pendidikan yang dibeli nanti bisa sesuai dengan kebutuhan.

Apapun produk asuransi pendidikan yang akan Anda jadikan sebagai pilihan, pastikan bahwa produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak di masa yang akan datang. Hal ini tentu akan membutuhkan sejumlah perhitungan / simulasi awal, sehingga bisa menemukan sebuah produk terbaik yang paling tepat untuk kebutuhan tersebut.

Lakukan perhitungan ini dengan baik, termasuk dengan cara membandingkan satu produk asuransi pendidikan dengan produk sejenis lainnya, sehingga bisa menemukan produk yang paling tepat.

Asuransi pendidikan menjadi salah satu jalan tepat yang bisa dipilih untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Meski banyak perusahaan asuransi yang memiliki layanan ini, namun sangat penting untuk memilih satu yang terbaik di antara sekian produk tersebut. Kenali produk dengan detail, termasuk risiko dan juga keuntungan yang terdapat di dalamnya, sehingga dana pendidikan anak dapat dipersiapkan dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!