Mau Siapkan Dana Pendidikan Anak? Pilih Reksa Dana Pendapatan Tetap!

redaksi.co.id - Mau Siapkan Dana Pendidikan Anak? Pilih Reksa Dana Pendapatan Tetap! Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru lho. Gak cuma pelajar yang harus siap, orangtua...

40 0

redaksi.co.id – Mau Siapkan Dana Pendidikan Anak? Pilih Reksa Dana Pendapatan Tetap!

Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru lho. Gak cuma pelajar yang harus siap, orangtua pun wajib siap sedia dengan biaya pendaftaran ulang sekolah, khususnya yang dikelola oleh swasta.

Sekolah swasta jelas menagih biaya ini karena untuk pembangunan fasilitas sekolah yang lebih baik. Selain itu, bantuan yang diberikan pemerintah untuk sekolah swasta gak sebesar yang diberikan untuk sekolah negeri.

Jumlah biaya daftar ulang berbeda-beda tergantung dari kebijakan setiap sekolah. Misalnya saja salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang terletak di Kramat Jati, Jakarta Timur, tahun ini menerapkan biaya daftar ulang sebesar Rp 520.000.

Jumlah tersebut secara rinci adalah pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sebesar Rp420.000 untuk bulan Juli dan Rp100.000 untuk kegiatan OSIS per tahun.

Belum lagi, orangtua juga perlu menyiapkan dana ekstra untuk membeli keperluan sekolah lainnya seperti buku, alat tulis, dan perlengkapan sekolah (meliputi seragam, tas, dan sepatu). Makin besar deh pengeluarannya.

Dana yang dibutuhkan buat perlengkapan itu juga gak sedikit. Bisa lebih dari Rp 1 juta. Berikut ilustrasinya:

2 pak buku tulis @Rp35 ribu: Rp 70.000

2 pak sampul buku tulis plastik tebal dan kertas: Rp 40.000

Peralatan tulis lengkap: Rp 50.000

Seragam sekolah lengkap: Rp 200.000

Tas dan sepatu: Rp 300.000

6-7 Buku Paket Mata Pelajaran @Rp 50.000: Rp 420.000

Total keseluruhan estimasi keperluan biaya tahun ajaran baru: Rp 1,08 juta

Dengan asumsi biaya di atas, maka paling tidak orangtua harus menyiapkan dana sebesar Rp 1,6 juta untuk biaya pendaftaran ulang dan biaya keperluan sekolah lainnya. Buat yang punya pendapatan terbatas, Rp 1,6 juta mungkin dirasa berat lho.

Apabila kita sebagai orangtua memang memiliki penghasilan yang terbatas, ada baiknya kita mulai menyisihkan penghasilan secara rutin untuk biaya sekolah. Paling tidak, 10 persen dari penghasilan kita sisihkan untuk tabungan dan investasi.

Membekali anak dengan pendidikan yang baik juga dapat menjadi modal atau investasi orangtua di masa depan. Apabila kita saat ini kita memiliki penghasilan sebesar Rp 3 juta, maka Rp 300.000 setiap bulan dapat kita sisihkan untuk keperluan anak sekolah.

Saat ini, menyimpan uang tidak terbatas hanya di tabungan bank. Namun ada produk investasi seperti reksa dana yang dapat digunakan untuk menyimpan uang, bahkan untuk berinvestasi.

Untuk memenuhi uang persiapan biaya sekolah anak memasuki tahun ajaran baru, reksa dana pendapatan tetap dapat menjadi pilihan. Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang menempatkan portofolio investasi pada instrumen obligasi, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun swasta, sehingga memiliki pertumbuhan yang cukup stabil dalam 1-2 tahun.

Untuk mengetahui pertumbuhan dana yang disimpan pada reksa dana, mari kita lihat dengan menggunakan Simulator Reksa Dana Bareksa.

Simulasi ini menggunakan produk reksa dana Kehati Lestari yang merupakan salah satu reksa dana yang memiliki kinerja terbaik.

Mula-mula dana awal yang disimpan adalah sebesar Rp 300.000 pada 14 Juli 2015. Kemudian, secara rutin kita menambah dana setiap bulan pada tanggal 14 sebesar Rp 300.000.

Lantas, berapa besar pertumbuhan uang yang disimpan pada reksa dana tersebut?

Ternyata dalam kurun waktu satu tahun (Periode 14 Juli 2015-13 Juli 2016), uang yang tersimpan pada reksa dana telah bertumbuh sebesar 12,77 persen. Pokok dana yang semula dikumpulkan dalam satu tahun sebesar Rp 3,6 juta, jadi Rp 4,06 juta. Bisa disimpulkan bahwa menyimpan uang pada reksa dana ini telah memberikan keuntungan

sebesar Rp 460.000.

Menyimpan uang pada reksa dana, tentunya dapat membantu para orangtua mempersiapkan biaya keperluan anak sekolah yang setiap tahun menjadi pengeluaran. Bahkan, keuntungan dari reksa dana dapat menjadi dana cadangan untuk orangtua apabila terdapat kebutuhan yang mendesak.

Gimana guys, tertarik untuk mencobanya?

Mau Siapkan Dana Pendidikan Anak? Pilih Reksa Dana Pendapatan Tetap!

appeared first on the

MoneySmart blog

.

MoneySmart.sg helps you maximize your money. Like us on Facebook to keep up to date with our latest news and articles.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!