Portugal Kalah saat Ronaldo Samai Torehan Gol Klose

redaksi.co.id - Portugal Kalah saat Ronaldo Samai Torehan Gol Klose Swedia membuat comeback nan sensasional ketika melawan tuan rumah Portugal dalam pertandingan persahabatan di Estadio dos...

54 0

redaksi.co.id – Portugal Kalah saat Ronaldo Samai Torehan Gol Klose

Swedia membuat comeback nan sensasional ketika melawan tuan rumah Portugal dalam pertandingan persahabatan di Estadio dos Barreiros, Selasa (28/3/2017). Sempat tertinggal 0-2, Blagult (The Blue Yellow) justru berbalik unggul 3-2 dan meraih kemenangan atas juara Piala Eropa 2016 ini.

Foto: Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Swedia dalam pertandingan persahabatan di Estadio dos Barreiros, Funchal, Selasa (28/3/2017).FRANCISCO LEONG/AFP

Terlepas dari hasil negatif tersebut, laga ini termasuk momen penting dalam karier Cristiano Ronaldo bersama timnas. Sebab, sang kapten membuat gol sehingga bisa menyamai legenda Jerman, Miroslav Klose, di mana mereka sama-sama mengoleksi 71 gol internasional.

Melihat perjalanannya yang masih cukup panjang bersama A Selecao, bukan mustahil Cristiano Ronaldo akan terus mendulang gol dan bisa mengejar dua legenda Hungaria, Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis. Puskas masih menempati urutan teratas daftar pemain Eropa yang menjadi top scorer internasional dengan raihan 84 gol, disusul Kocsis (75 gol).

Secara statistik, Portugal unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 61 persen. Tetapi efektivitas menjadi milik tim tamu, karena mereka justru memiliki jumlah tembakan yang lebih banyak yakni 12 dengan tujuh tepat sasaran. Bandingkan Portugal yang hanya membuat 7 tembakan dan hanya 2 on target.

Bermain di hadapan publiknya, Portugal, yang baru saja menang 3-0 atas Hungaria dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup B Zona Eropa, Senin (26/3), bermain menyerang. Menit ke-18 Ronaldo sudah membawa timnya unggul setelah meneruskan bola umpan silang Gelson.

Ini menjadi gol ke-16 Cristiano Ronaldo dalam 15 pertandingan internasional sejak awal tahun 2016. Sebuah pencapaian yang mengesankan bagi bintang Real Madrid tersebut, yang membuat dua gol ketika mereka menang atas Hungaria.

Menit ke-34, Portugal unggul 2-0 akibat bunuh diri Andreas Granqvist. Kali ini Gelson yang menjadi penyebab gol tersebut karena setelah menerima umpan tarik Ronaldo, dia lebih dulu mengelabui bek Swedia, sebelum melepaskan umpan datar ke mulut gawang. Bermaksud membuang bola ke luar, Granqvist mengarahkan si kulit bulat ke tiang jauh. Keunggulan 2-0 ini bertahan hingga jeda.

Foto: Gelandang timnas Swedia, Viktor Claesson (kiri), berebut bola dengan penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, dalam pertandingan persahabatan di Estadio dos Barreiros, Funchal, Selasa (28/3/2017).FRANCISCO LEONG/AFP

Pada paruh kedua, Swedia bermain lebih menekan untuk mengejar ketinggalannya. Usaha tim Biru-Kuning ini membuahkan hasil pada menit ke-57, ketika Viktor Claesson meneruskan umpan Christoffer Nyman.

Claesson kembali mengoyak jala Portugal pada menit ke-76. Kali ini dia memanfaatkan umpan tendangan pojok Jimmy Durmaz, untuk membuat skor menjadi imbang 2-2.

Tampaknya laga akan berakhir imbang karena hingga 90 menit tak ada gol yang tercipta. Tetapi saat injury time, Swedia bisa mengambil keuntungan melalui serangan dari sisi kanan pertahanan Portugal. Umpan Niklas Hult ke mulut gawang membuat Joao Cancelo melakukan gol bunuh diri karena si kulit bulat membentur kaki pemain belakang tersebut dan memantul ke dalam gawang. Swedia unggul 3-2.

Portugal 2-3 Swedia: (Cristiano Ronaldo 18′, Andreas Granqvist 34′-bunuh diri; Viktor Claesson 57′, 76′, Joao Cancelo 90′- bunuh diri)

Susunan pemain:

Portugal (4-3-3): Marafona; Joao Cancelo, Bruno Alves, Neto, Eliseu (Nelsinho 46′); Joao Moutinho (Pizzi 46′), Danilo Pereira (William Carvalho 46′), Renato Sanches; Gelson, Cristiano Ronaldo (Ricardo Quaresma 58′), Bernardo Silva (Eder 46′)

Pelatih: Fernando Santos

Swedia(4-2-2): Karl-Johan Johnsson; Niklas Hult, Filip Helander (Oscar Hiljemark 89′), Andreas Granqvist (Pontus Jansson 46′), Emil Krafth (Mikael Lustig 70′); Sam Larsson (Jimmy Durmaz 67′), Jakob Johansson, Sebastian Larsson, Viktor Claesson; Isaac Kiese Thelin, Christoffer Nyman (Marcus Berg 87′)

Pelatih: Janne Andersson

Editor: Aloysius Gonsaga AE

Copyright Kompas.com

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!