Koin Senilai Rp 60 Miliar Milik Museum Jerman Dicuri

redaksi.co.id - Koin Senilai Rp 60 Miliar Milik Museum Jerman Dicuri Museum Bode di Berlin, Jerman, menjadi korban pencurian pada Senin (27/3) dini hari waktu setempat....

27 0

redaksi.co.id – Koin Senilai Rp 60 Miliar Milik Museum Jerman Dicuri

Museum Bode di Berlin, Jerman, menjadi korban pencurian pada Senin (27/3) dini hari waktu setempat. Koin Big Maple Leaf berhasil dibawa kabur oleh para pencuri yang hingga kini masih diburu kepolisian.

Big Maple Leaf merupakan koin terbesar di dunia. Diameternya sekitar 53 cm dengan ketebalan sekitar 2,5 cm dan bobot mencapai 100 kg. Seperti tampak dari namanya, koin ini berasal dari Kanada. Ada gambar Ratu Elizabeth II di satu sisinya dan di sisi lain gambar daun mapel.

Nilai-tukar koin ini diperkirakan sekitar Rp 9,98 miliar. Namun, nilai intrinsiknya berupa kandungan emas di pasaran bisa mencapai Rp 60 miliar.

Pihak kepolisian masih terus menyelidiki bagaimana para pencuri berhasil melarikan benda berat tersebut. Sebab, untuk memboyong kabur Big Maple Leaf perlu setidaknya naik ke lantai atas agar bisa keluar lewat jendela di sisi belakang museum.

Polisi baru diberi sinyal peringatan pada pukul 04.00 dini hari, Senin (27/3). Karenanya, aksi pencurian diperkirakan berlangsung sejak pukul 03.20 hingga 03.45 dini hari yang sama.

Para pencuri diperkirakan masuk lewat jendela museum yang dibuka paksa dekat Big Maple Leaf berada. Koin itu terletak di dalam kerangka balok yang dilapisi kaca anti-peluru.

Namun, para pencuri berhasil memecahkan kaca itu. Sebuah tangga ditemukan di tak jauh dari tempat kejadian perkara. Demikian pernyataan juru bicara kepolisian Berlin, Winfrid Wenzel, kepada New York Times, Senin (27/3).

Sejauh ini, pihak kepolisian belum mengungkapkan apakah aksi tersebut terekam kamera pengamanan museum. Belum jelas pula apa sistem alarm anti-maling Museum Bode rusak pada saat kejadian.

Diduga, para pencuri kabur ke arah Hackescher Markt, yakni ruang publik yang hidup 24 jam di Berlin. Ada banyak bar yang buka hingga larut malam di sana. Petugas kepolisian terus meminta keterangan dari para warga di Hackescher Markt dan sekitarnya.

Big Maple Leaf telah ditampilkan di Museum Bode sejak Desember 2010. Beberapa pakar museum mengaku kaget dengan kabar pencurian ini. Yang mereka khawatirkan, para maling melebur koin historis itu sehingga kandungan emasnya bisa dijual tanpa jejak di pasar.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!