Australia Selatan Pusing dengan Banyaknya Ikan Mas

redaksi.co.id - Australia Selatan Pusing dengan Banyaknya Ikan Mas Penyelenggara lomba memancing ikan mas di Australia Selatan masih tidak percaya dengan hasil tangkapan sebanyak lebih dari...

265 0

redaksi.co.id – Australia Selatan Pusing dengan Banyaknya Ikan Mas

Penyelenggara lomba memancing ikan mas di Australia Selatan masih tidak percaya dengan hasil tangkapan sebanyak lebih dari 16 ribu ekor ikan mas yang ditangkap hanya dalam tempo satu hari. Lomba mancing ikan mas terbesar ini digelar di Danau Bonney di Kota Barmera.

Lomba bernama SA Carp Frenzy telah digelar sejak 2013, namun pada tahun-tahun sebelumnya hasil tangkapan hanya sekitar 1.800 ekor ikan mas. “Hasil ini di luar perkiraan dan cukup menakjubkan. Kami bahkan belum pernah mencapai jumlah 2.000 ekor,” kata penyelenggaran SA Carp Frenzy Kym Manning.

“Ada 500 pemancing dan kami menangkap 16.660 ekor ikan mas dalam sembilan jam,” jelasnya.

Supplied: Kym Manning

“Kami sangat terkejut, ada begitu banyak ikan mas kecil, Anda hampir tidak bisa mendiamkan pancing Anda di dalam air,” jelasnya.

Jumlah ikan mas telah meningkat drastis di seluruh wilayah air Murray-Darling Basin sejak aliran air tinggi melanda sistem aliran itu pada akhir tahun lalu, menciptakan kondisi perkembangbiakan sempurna bagi spesies ikan yang bukan asli ini.

Ikan jenis ini sering disebut sebagai “kelinci sungai” karena mereka merusak vegetasi asli bawah air, mengurangi kualitas air, dan merusak habitat perkembangbiakan ikan asli.

“Mereka ini seperti lalat pada saat ini, jumlahnya begitu banyak,” kata Manning.

“Orang menangkap ratusan ekor sepertinya tak masuk akal,” tambahnya. “Kami masih geleng-geleng kepala.”

Manning mengatakan dia memperkirakan lomba ini telah mengumpulkan sekitar $ 10 ribu yang akan disalurkan untuk pendanaan proyek-proyek yang dikembangkan masyarakat setempat.

Dia mengatakan ikan yang ditangkap selama SA Carp Frenzy 2017 akan diambil dan digunakan oleh produsen pupuk Charlie Carp, karena mereka tidak dianggap sebagai bahan makanan yang baik.

Supplied: Kym Manning

Diterbitkan Pukul 12:00 AEST 28 Maret 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari berita berbahasa Inggris.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!