SPT online error, pakai alternatif ini

redaksi.co.id - SPT online error, pakai alternatif ini Dengan banyaknya jumlah wajib pajak (WP) yang melapor surat pemberitahuan / SPT tahunan pajak situs SPT online milik...

59 0

redaksi.co.id – SPT online error, pakai alternatif ini

Dengan banyaknya jumlah wajib pajak (WP) yang melapor surat pemberitahuan / SPT tahunan pajak situs SPT online milik Ditjen Pajak sempat error sehingga tidak bisa diakses.

Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Iwan Djuniardi, mengatakan, salah satu penyebab error-nya situs SPT online adalah jumlah pengungung situs milik DJP terlalu banyak.

Per Rabu (29/3) ini saja menurut Iwan telah mencapai 3 juta orang selama satu jam atau 200 transaksi per detik. “Kami sebenarnya sudah membesarkan kapasitas. Tapi kalau perilaku wajib pajak masih seperti ini (menumpuk di akhir), ya sampai kapan pun bisa down,” katanya.

Adapun ia menyebut bahwa penyebab lain dari tidak bisa diaksesnya situs Ditjen Pajak adalah lantaran permasalahan fiber optik tercangkul akibat proyek jalan di beberapa daerah. “Kami pakai jaringan internet, ada di beberapa daerah kecangkul di jalan. Jadi karena jaringannya yang kecangkul,” kata Iwan.

Untuk itu, ia menghimbau WP untuk memanfaatkan fasilitas lainnya yang disediakan oleh Ditjen Pajak, yakni formulir elektronik atau e-form yang bisa di-download terlebih dulu, diisi secara offline, kemudian diunggah.

Selain itu, ia juga menyebut ada browser tertentu yang memang tidak bisa digunakan untuk pengisian SPT. “Safari tidak bisa. Makanya banyak yang saat buka situs malah loading. Itu salah menggunakan browser-nya. Mozilla Firefox atau Chrome bisa digunakan, ujarnya.

Catatan saja, per kemarin, Selasa (28/3), jumlah SPT Tahunan yang telah disampaikan mencapai 7,2 juta di mana 5,9 juta SPT diantaranya disampaikan melalui e-filing.

Sementara pada periode yang sama tahun lalu, jumlah SPT Tahunan yang disampaikan hanya mencapai 5,5 juta SPT. Adapun sampai 31 Maret 2016 atau akhir, jumlah SPT Tahunan yang disampaikan sebesar 8,6 juta.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!