Mensos Khofifah Janji Berikan KIP dan KIS untuk Suku Mante Aceh

redaksi.co.id - Mensos Khofifah Janji Berikan KIP dan KIS untuk Suku Mante Aceh Beredar video yang menunjukkan masih adanya Suku Mante yang tinggal di daerah pedalaman...

53 0

redaksi.co.id – Mensos Khofifah Janji Berikan KIP dan KIS untuk Suku Mante Aceh

Beredar video yang menunjukkan masih adanya Suku Mante yang tinggal di daerah pedalaman Aceh. Suku Mante memiliki ciri tinggi yang tidak lebih dari 90 centimenter, berambut panjang dan tubuhnya berwarna abu yang diselimuti bulu.

Menanggapi hal ini, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berjanji akan memberikan perlindungan bagi Suku Mante.

“Pasti lah (memberikan perlindungan). Bagi Kemensos itu yang penting, rakyat dapat KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan KIS (Kartu Indonesia Sehat),” kata Khofifah di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2017).

Kendati begitu, Politisi PKB ini menyatakan, Kemeterian Sosial baru bisa melakukan tindakan jika telah didata oleh Kabupatan/Kota tempat Suku Anak Dalam terdeteksi.

“Jadi di Kemensos itu kita bisa memberikan estimasi data, karena kan mengkonfirmasi data keberadaan komunitas adat terpencil,” tutur Khofifah.

Video yang diunggah sebuah kelompok petualang menggunakan Motor Trail yang menjelajahi pedalaman Aceh sepekan belakangan menjadi viral di media sosial. Pada rekaman video itu sekelebat keberadaan sesosok manusia dalam wujud mini atau kecil sempat terlihat dua kali saat motor trail penjelajah melintas.

Kemudian video itu menjadi viral dan sosok manusia kecil diduga kuat sebagai bagian dari Suku Mante, suku tertua asal Tanah Rencong Aceh.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!