Ini 3 Berita Aksi Kontroversial Pasha "Ungu"

redaksi.co.id - Ini 3 Berita Aksi Kontroversial Pasha "Ungu" Sejak menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Pasha "Ungu" menjadi buah bibir masyarakat karena tindakannya yang kontroversial.Aksi...

59 0

redaksi.co.id – Ini 3 Berita Aksi Kontroversial Pasha "Ungu"

Sejak menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Pasha “Ungu” menjadi buah bibir masyarakat karena tindakannya yang kontroversial.

Aksi kontroversi terbaru pria yang bernama asli Sigit Purnomo Said itu adalah menggelar konser bersama teman-temannya dalam band “Ungu” di Singapura. Padahal, kegiatan tersebut tidak mendapat izin baik dari Gubernur Sulawesi Tengah maupun Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya, Pasha juga pernah dikritik DPRD Palu karena dituding mengontrak rumah di perumahan elite Citra Land Rp 1 miliar dari APBD 2017. Padahal, Pasha sendiri sudah memiliki fasilitas rumah dinas.

Pasha pun membantahnya. Menurutnya, rumah sewa yang ditempatnya sebesar Rp 60 juta per bulan bukan Rp 1 miliar. Itu pun uang pribadi.

Pada Kamis (18/2/2016) lalu, Pasha memarahi para PNS karena tertawa saat upacara apel kesadaran di Balai Kota Palu. Belakangan diketahu, para PNS tertawa karena baru melihat pertama kali seorang artis menjadi pejabat dan memimpin upacara.

Pasha pun memerintahkan Satpol PP untuk memeriksa siapa saja yang tertawa saat upacara tersebut.

Berikut 3 berita Pasha “Ungu” yang Kontroversial saat Menjabat Waki Wali Kota Palu

1. Tak Ada Izin Mendagri, Gubernur Sulteng Sebut Pasha “Ungu” Langgar Aturan

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengatakan, Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said telah melanggar aturan.

Aturan yang dilanggar Sigit atau Pasha Ungu ini lantaran pergi ke luar negeri tanpa seizin Kementerian Dalam Negeri melalui pengantar dari Gubernur.

Jadi ada prosedurnya. Kasus yang menimpa Pasha ini, semoga menjadi pembelajaran buat kepala daerah lainnya, ujar Longki, Rabu (29/03/2017).

Longki mengingatkan agar aktivitas kepala daerah, baik bupati maupun wali kota dan wakil-wakilnya, yang hendak ke luar negeri harus ada izin dari pemerintah sesuai dengan jenjangnya.

Termasuk dirinya. Jika hendak bepergian ke luar negeri, Longki mengaku harus mengantongi izin dari Sekretariat Negara dengan pengantar Menteri Dalam Negeri.

2. Ini Komentar Pasha “Ungu” soal Tudingan Sewa Rumah Rp 1 Miliar dari APBD

Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sigit Purnomo Said membantah menyewa rumah yang dibiayai pemerintah kota setempat senilai Rp 1 miliar.

Saat dihubungi dari Palu, Rabu (11/1/2017), pria yang akrab disapa Pasha “Ungu” itu menyatakan, informasi terkait besaran sewa rumah tersebut adalah keliru dan tidak berdasarkan fakta yang sebenarnya.

“Informasi ini ngaco. Kontrakan apa yang sebesar Rp 1 miliar, datanya dari mana? Kalau mau memberi informasi kepada masyarakat itu harus akurat,” kata dia.

Menurut dia, sewa rumah yang ditempatinya itu sebesar Rp 60 juta per bulan. Untuk enam bulan berjalan, sewanya sudah dibayar dengan mencarikan uang sendiri.

“Kalau dikatakan ada anggaran pada tahun 2017, silakan cek saja. Ini ngarang dan tidak berkualitas,” katanya.

3. Ini Komentar PNS atas Kemarahan Pasha “Ungu” Saat Pimpin Apel Perdananya

Sejumlah pegawai negeri sipil Kota Palu menyayangkan sikap Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said atau dikenal sebagai Pasha “Ungu” yang marah saat memimpin upacara, Kamis (18/2/2016).

Kejadian itu berlangsung ketika Pasha memimpin upacara apel kesadaran di Balai Kota Palu, pagi tadi. Begitu memasuki podium, ia melihat banyak pegawai di depan, samping, dan belakangnya tertawa.

“Apa motif saudara-saudara tertawa terbahak-bahak? Saya malu karena ada yang tertawa terbahak-bahak saat saya masuk. Next (selanjutnya), saya tidak mau ini terulang lagi. Polisi Pamong Praja harus mengecek yang tertawa itu. Jelas? Jelas? Jelas?” kata Pasha dengan nada tinggi.

Beberapa PNS yang mengikuti upacara menanggapi berbeda reaksi Pasha di atas podium itu. Sebagian di antaranya mengatakan wajar bila peserta upacara tertawa karena gembira melihat artis yang menjadi wakil wali kota tersebut.

“Banyak sekali pegawai di sini yang baru pertama kali melihat wajahnya secara langsung sehingga spontan menyambut dengan tawa karena gembira saat beliau pertama kali naik podium,” kata seorang pegawai senior seperti dikutip Antara, Kamis.

Editor: Farid Assifa

Copyright Kompas.com

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!