Pemerintah akan menata ulang pasar ritel modern

redaksi.co.id - Pemerintah akan menata ulang pasar ritel modern Pemerintah akan menata ulang keberadaan pasar ritel modern. Ini merupakan bagian dari pemerataan ekonomi nasional atau kebijakan...

50 0

redaksi.co.id – Pemerintah akan menata ulang pasar ritel modern

Pemerintah akan menata ulang keberadaan pasar ritel modern. Ini merupakan bagian dari pemerataan ekonomi nasional atau kebijakan ekonomi berkeadilan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penataulangan pasar ritel modern dilakukan lantaran pemerintah menilai saat ini pertumbuhan ritel modern cenderung menutup pergerakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Darmin, selama ini, banyak ritel modern yang menggunakan merek sendiri sehingga menghambat UMKM untuk masuk. Makanya, “Perlu ada pengaturan integrasi vertikal seperti apa. Kalau dia pakai merek sendiri, maka perlu ada batasannya,” katanya, Rabu (29/3).

Selain itu, pemerintah juga menilai banyak ritel modern yang kegiatan operasionalnya menyalahi aturan. Darmin mencontohkan, ritel modern yang diberi izin restoran dalam praktiknya juga menjual barang kebutuhan sehari- hari. “Ini terjadi di pintu masuk pasar tradisional, diberi izin tapi melakukan kamuflase, menjual barang kebutuhan sehari- hari,” katanya.

Pemerintah juga akan mengatur kepemilikan ritel modern. “Akan diperjelas aturannya, berapa persen milik dia dan berapa persen orang boleh ikut sinergi,” jelas Darmin.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!