Galaxy S8 Tanpa Tombol Fisik "Home" Disebar Global di Hari Kartini

redaksi.co.id - Galaxy S8 Tanpa Tombol Fisik "Home" Disebar Global di Hari Kartini Samsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara...

37 0

redaksi.co.id – Galaxy S8 Tanpa Tombol Fisik "Home" Disebar Global di Hari Kartini

Samsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara peluncuran bertajuk Unbox Your Phone, di Lincoln Center, New York, AS.Oik Yusuf/kompas.com

Galaxy S8 dan S8+ memikul beban berat sebagai smartphone flagship yang dirilis pasca insiden Galaxy Note 7. Keduanya harus mampu menjadi pembuktian kiprah Samsung di ranah menengah ke atas, sekaligus menandai babak baru sang pabrikan Korea Selatan di industri smartphone.

Babak baru ini tak cuma diindikasikan lewat jadwal dan tempat perilisan yang baru, tetapi juga fitur dan desain yang benar-benar “segar”.

“Galaxy S8 dan S8+ didesain untuk menembus batas yang ada di smartphone-smartphone sebelumnya,” kata CEO Samsung Mobile, DJ Koh, di atas panggung peluncuran.

Jurnalis KompasTekno, Oik Yusuf, menyaksikan langsung peluncuran bertajuk “Unbox Your Phone” tersebut di Lincoln Center, New York, AS, pada Rabu (29/3/2017) pagi waktu setempat atau malam di Indonesia.

Hilangnya tombol Home

Salah satu perubahan desain paling mendasar pada Galaxy S8 adalah ukuran layar yang semakin lebar, yakni 5,8 inci untuk varian standar dan 6,2 inci untuk varian Plus.

Meski layarnya luas, ukuran fisik ponsel tetap ringkas dan pas digenggam satu tangan. Ini berkat teknologi “infinity display” yang nyaris tidak memiliki bingkai alias bezel di sisi atas dan bawah.

Konsekuensinya, tombol fisik Home yang biasanya terpatri di sisi bawah layar harus dipangkas. Galaxy S8 dan S8 Plus menjadi seri Galaxy S pertama yang mengusung desain seperti ini.

Sebagai gantinya, ada virtual button di antarmuka sistem operasi. Adapun pemindai sidik jari alias fingerprint scanner dimigrasi ke bagian punggung, tepatnya di samping modul kamera.

Fingerprint scanner pada Galaxy S8 ditemani pemindai iris mata alias iris scanner dan pengenal wajah atau face recognition.

Semakin cerdas dengan Bixby

Fitur lain Galaxy S8 adalah asisten digital berbasis kecerdasan buatan bernama “Bixby”. Ihwal kemunculan Bixby sudah terendus sejak beberapa bulan lalu, bahkan asisten digital ini disebut-sebut sebagai faktor utama penundaan peluncuran Galaxy S8.

Terlepas dari tuduhan itu, Bixby menawarkan keahlian di tiga area utama. Pertama, Bixby mampu melakukan hampir segala hal yang biasanya dilakukan lewat layar sentuh di aplikasi (yang mendukung).

Kedua, Bixby bisa dipanggil kapanpun serta mengertu konteks dan keadaan aplikasi. Terakhir, Bixby dapat mengerti perintah yang belum lengkap sekalipun.

Dalam aktivitas sehari-hari, salah satu contoh kecerdasan Bixby adalah pengenalan gambar secara cepat. Misalnya saja ketika Anda melihat orang di jalanan memakai tas atau baju yang bagus.

Anda penasaran tas dan baju itu bisa dibeli di mana. Bixby bisa memperlihatkan tempat-tempat yang menyediakan produk tersebut.

Harga lebih tinggi

IT and Mobile Marketing Director Samsung Indonesia, Vebbyna Kaunang mengatakan bahwa Galaxy S8 akan dijual seharga Rp 10,5 juta di Indonesia, sementara Galaxy S8 Plus dibanderol Rp 12 juta.

Patokan harga tersebut lebih tinggi dibandingkan duo flagship sebelumnya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, yang dijual Rp 9 juta dan Rp 10,5 juta saat pertama meluncur.

“Tapi kapasitas memorinya lebih besar (dibanding Galaxy S7 dan S7 Edge), yakni 64 GB sehingga pengguna bisa menyimpan lebih banyak data di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus,” begitu alasan yang dituturkan Vebbyna.

Ada tiga varian warna Galaxy S8 dan S8 Plus di Indonesia. Masing-masing adalah midnight black, maple gold, dan orchid grey.

Beredar di Hari Kartini

Duet Samsung Galaxy S beredar di pasar global mulai 21 April mendatang, tepat pada Hari Kartini atau hari perempuan di Tanah Air. Namun, Indonesia kebagian Galaxy S8 dan S8 Plus sedikit belakangan.

Masih menurut Vebby, pemesanan awal alias pre-order Galaxy S8 dan S8 Plus dimulai 8 April 2017. Lantas penyerahan produk ke konsumen baru dilakukan pada 5 Mei atau dua pekan setelah tersedia di pasar global.

Spesifikasi lain dari Galaxy S8 dan S8 Plus mencakup prosesor Exynos 8895, RAM 4GB, memori 64GB, baterai 3.000 mAh (standar) dan 3.500 mAh, serta kamera utama 12 megapiksel dan selfie 8 megapiksel.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang

Editor: Reza Wahyudi

Copyright Kompas.com

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!