Strategi BlackBerry di Indonesia Tuai Pujian

redaksi.co.id - Strategi BlackBerry di Indonesia Tuai Pujian CEO BlackBerry John Chen menunjukkan smartphone BlackBerry PassportMark Blinch/ ReutersPemegang saham terbesar BlackBerry, Fairfax Financial, memuji keputusan CEO...

48 0

redaksi.co.id – Strategi BlackBerry di Indonesia Tuai Pujian

CEO BlackBerry John Chen menunjukkan smartphone BlackBerry PassportMark Blinch/ Reuters

Pemegang saham terbesar BlackBerry, Fairfax Financial, memuji keputusan CEO BlackBerry, John Chen, yang memutuskan BlackBerry melisensi software dengan vendor lokal di Indonesia.

Dalam surat setebal 24 halaman yang dibuat oleh CEO sekaligus Chairman Fairfax Financial, Prem Watsa, Chen dianggap sukses dengan strategi tersebut dan membawa kinerja keuangan BlackBerry mendekati titik impas.

Dikutip KompasTekno dari CrackBerry, Kamis (30/3/2017), bagian terbaik dari perjanjian lisensi itu adalah BlackBerry menerima royalti untuk setiap unit perangkat smartphone yang dijual di Indonesia.

Di sisi lain, BlackBerry tak perlu lagi repot-repot memikirkan soal inventaris, pemasaran, dan rantai pasokan. BlackBerry hanya butuh memasok software ke pabrikan yang tepat. Selain di Indonesia, BlackBerry juga melakukan hal yang sama di China dan India.

Di Indonesia, BlackBerry bekerja sama dengan PT BB Merah Putih dan merek lokal Tiphone menghadirkan perangkat Android BlackBerry Aurora pada awal Maret 2017 lalu.

Perangkat Android pertama yang diproduksi di Indonesia ini dirakit di Bekasi dengan kapasitas produksi 100.000 unit per bulan.

Selain itu, BlackBerry juga melisensi layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) ke grup media Emtek pada akhir 2016 lalu. Perjanjian senilai Rp 2,7 triliun ini membuat grup Emtek bisa menyalurkan beragam konten dan layanannya.

Surat dari Watsa mengakui peran penting Chen yang membawa BlackBerry di masa transisi, dari perusahaan hardware menjadi software dan penyedia layanan.

Bisnis manufaktur smartphone BlackBerry diketahui merugi dan keuangannya berdarah-darah dalam beberapa tahun terakhir. Diversiasi layanan ini menjadi strategi Chen untuk mengembalikan kejayaan BlackBerry.

Penulis: Reska K. Nistanto

Editor: Deliusno

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!