8 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S8

redaksi.co.id - 8 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S8 Samsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara peluncuran bertajuk Unbox Your...

48 0

redaksi.co.id – 8 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara peluncuran bertajuk Unbox Your Phone, di Lincoln Center, New York, AS.Oik Yusuf/kompas.com

Lama dinanti, Samsung akhirnya merilis Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dalam acara “Unpacked your Phone” di New York, Amerika Serikat, Rabu (29/3/2017).

Duo smartphone teranyar Samsung ini begitu dinanti. Pasalnya, banyak orang yang ingin melihat, seperti apa produk “penebusan” Samsung atas “dosa” Galaxy Note 7.

Seperti diketahui, Samsung bisa dikatakan gagal dengan Galaxy Note 7 yang dirilis sebelum S8 dan S8+. Cacat produksi di baterai perangkat tersebut membuatnya rentan terbakar atau meledak.

Samsung sampai dua kali merilis produk tersebut, tetapi kemudian menariknya dari pasaran. Galaxy Note 7 batal dijual.

Untuk menebusnya, Samsung tampak benar-benar serius dalam menggarap Galaxy S8 ini. Setidaknya, ada delapan fitur Galaxy S8 dan S8+yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Apa saja? Berikut delapan hal yang bisa membuat Anda membeli Galaxy S8 atau S8+, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Radar, Kamis (30/3/2017).

1. Desain

Galaxy S8 memiliki desain yang menawan. Desain fisiknya masih belum terlalu banyak digunakan di smartphone dari pabrikan lain.

Bagian muka secara mayoritas ditutupi oleh layar. Saking besarnya layar di bagian tersebut, Samsung sampai menghilangkan tombol fisik dan memindahkan pemindai sidik jari ke bagian belakang.

Di bagian belakang, konsumen bakal melihat casing berbahankan kaca. Sementara itu, di bagian pinggir atau rangkanya berbahankan metal. Kombinasi keduanya membuat produk ini tampak premium.

Selain itu, di bagian tepi layar perangkat ini tidak benar-benar lurus, tetapi sedikit melengkung. Membuatnya nyaman untuk digenggam.

2. Infinity display

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layar Galaxy S8 dan S8+ mengisi hampir keseluruhan “wajahnya”. Samsung sendiri menyebutnya dengan teknologi infinity display atau layar tanpa batas.

Layar tersebut benar-benar membuat perangkat ini tampak tanpa bingkai atau bezel. Sebenarnya masih ada sedikit bingkai, meski sangat tipis.

Ada dua pilihan bentang layar untuk Galaxy S8. Pertama adalah 5,8 inci untuk Galaxy S8 dan 6,2 inci untuk Galaxy S8+. Keduanya sama-sama mendukung resolusi 2.960 x 1.440.

3. Kamera

Galaxy S7 yang dirilis tahun lalu, dipuji karena mampu menghadirkan kamera yang bisa menjepret gambar dengan baik. Hal tersebut tampaknya bakal berulang di Galaxy S8. Pasalnya, Galaxy S8 menggunakan kamera yang sama dengan Galaxy S7.

Di bagian belakang terdapat kamera 12 megapiksel dengan fitur OIS dan lensa dengan bukaan lebar F1.7.

Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 megapiksel dengan fitur otofokus dan lensa dengan bukaan lebar pula, F1.7.

4. Asisten digital Bixby

Samsung akhirnya memperkenalkan asisten digital bikinannya di Galaxy S8. Asisten digital tersebut dinamakan Bixby.

Bixby dikatakan bakal berbeda dari Siri bikinan Apple dan Google Assistant. Bixby diklaim mampu membantu pengguna memanfaatkan kebanyakan fitur yang ada di S8 dan S8+.

Bixby bakal memandu cara menggunakan semua aplikasi yang ada di S8. Ia juga bisa mengerjakan beberapa tugas dengan aplikasi yang kompatibel dengan Bixby.

Bixby juga bisa membantu pengguna untuk mencari gambar, mengingatkan beberapa tugas, dan operasi sejenis.

5. Pemindai iris

Pemindai sidik jari? Sudah tidak zaman lagi! Kini, Samsung menghadirkan fitur keamanan dengan menggunakan iris mata pengguna.

Fitur itu sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan di Galaxy Note 7. Namun, seperti yang diketahui, Galaxy Note 7 tidak lama beredar di pasaran.

Selain untuk membuka kunci Galaxy S8 dan S8+, pemindai iris juga bisa digunakan untuk mengamankan file yang disimpan di dalam perangkat.

6. Pengenal wajah

Selain pemindai iris, Galaxy S8 juga dibekali dengan fitur pengenalan wajah. Ya, Anda bisa menggunakan wajah sendiri untuk mengamankan perangkat. Fungsinya sendiri tidak jauh berbeda dari pemindai iris.

7. Samsung Pay

Galaxy S8 sudah dibekali dengan NFC dan Magnetic Secure Transmission (MST). Itu artinya, galaxy S8 dan S8+ bisa dimanfaatkan sebagai “dompet” digital Samsung Pay.

Ya, pengguna bisa menyimpan uang di Galaxy S8 atau S8+ dan menggunakan perangkat tersebut sebagai alat pembayaran.

Di Indonesia sendiri, Samsung masih melakukan persiapan untuk kehadiran Samsung Pay ini.

8. Samsung Dex dan aksesori lain

Galaxy S8 tidak hanya sekadar menjadi smartphone saja. Berkat aksesori bernama Dex, pengguna bisa menyulap Galaxy S8 menjadi semacam komputer.

Nantinya, Dex bisa dicolokkan ke layar monitor. Kemudian, pengguna tinggal memasukkan Galaxy S8 ke Dex untuk mengubahnya menjadi komputer.

Samsung juga menjanjikan berbagai aksesori untuk Galaxy S8. Beberapa yang sudah tersedia seperti kamera Gear 360 2017 dan earphone buatan JBL.

Penulis: Deliusno

Editor: Reska K. Nistanto

Copyright Kompas.com

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!