118 Tahanan Asing Tewas di Malaysia, Sebagian Mati Misterius

redaksi.co.id - 118 Tahanan Asing Tewas di Malaysia, Sebagian Mati Misterius Lebih dari 100 warga negara asing tewas di pusat-pusat penahanan imigrasi Malaysia dalam kurun waktu...

42 0

redaksi.co.id – 118 Tahanan Asing Tewas di Malaysia, Sebagian Mati Misterius

Lebih dari 100 warga negara asing tewas di pusat-pusat penahanan imigrasi Malaysia dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Kematian diakibatkan oleh berbagai penyakit dan sebagian penyebabnya masih misterius.

Jumlah kematian itu didapatkan dari data Departemen Imigrasi Malaysia yang diberikan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (SUHAKAM) yang diungkap oleh Reuters pada Kamis (30/3). Data itu menunjukkan 83 kematian tahanan asing pada 2015 dan 35 kematian dari Januari hingga 20 Desember 2016.

Setengah dari 118 total tahanan asing yang tewas di Malaysia dilaporkan berasal dari Myanmar. Mereka merupakan sedikit dari puluhan ribu pengungsi Myanmar yang datang ke Malaysia, termasuk Muslim Rohingya yang melarikan diri dari penganiayaan yang dilakukan otoritas Myanmar dan mayoritas penduduk Budha.

Belum jelas apakah tingkat kematian tahanan asing itu lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga Malaysia. Pejabat pemerintah Indonesia dan Thailand mengatakan mereka tidak mengungkapkan jumlah terkait hal tersebut. Namun, angka kematian tahanan asing di Malaysia lebih tinggi daripada di negara-negara seperti Amerika Serikat (AS). Di AS pada tahun-tahun terakhir tercatat hanya ada 10 kematian di dalam sistem penahanan keimigrasiannya.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak selama ini selalu memberikan kritik tajam kepada pemerintah Myanmar yang dipimpin Aung San Suu Kyi. Pasukan keamanan Myanmar telah melakukan tindakan keras yang menyebabkan banyak etnis Rohingya melarikan diri melintasi perbatasan.

Dia menyerukan adanya intervensi asing untuk menghentikan genosida di Myanmar. Namun, Najib tidak memberikan tanggapan mengenai kematian tahanan-tahanan asing di Malaysia ketika ia dimintai komentar. “Jumlahnya terlalu banyak dan mengejutkan. Ada seruan untuk perbaikan sistem,” kata Jerald Joseph, salah satu dari delapan komisaris SUHAKAM. Ia akan mengumumkan secara terbuka jumlah kematian itu pekan depan, dalam laporan tahunan tentang isu-isu hak asasi manusia di Malaysia.

Joseph menjelaskan kondisi tahanan imigrasi pusat, yang pernah ia kunjungi dan mengatakan kondisinya mengerikan. Ia menambahkan bahwa kematian para tahanan asing harus diselidiki atas kasus kriminal. Penyakit yang menyebabkan kematian beberapa tahanan mungkin disebabkan oleh sanitasi dan makanan yang buruk. Para tahanan juga menerima kekerasan fisik dan kurang mendapatkan perhatian medis.

Kementerian Dalam Negeri Malaysia, yang mengawasi Departemen Imigrasi, mengatakan sedang berusaha memperbaiki kondisi pusat-pusat penahanan, akan tetapi anggarannya telah dibatasi. “Saya setuju ada beberapa kepadatan tahanan dan kondisi yang tidak ideal. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan prosedur, kondisi kesehatan, dan pengelolaan. Masalahnya adalah kami tidak memiliki anggaran,” ujar Wakil Menteri Dalam Negeri Malaysia, Nur Jazlan Mohamed, dikutip Aljazirah.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!