Pep Guardiola, Momok Untuk Arsene Wenger

redaksi.co.id - Pep Guardiola, Momok Untuk Arsene Wenger Diterjang empat kekalahan dalam lima pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris, Arsenal harus menghadapi tantangan sulit dalam misi...

49 0

redaksi.co.id – Pep Guardiola, Momok Untuk Arsene Wenger

Diterjang empat kekalahan dalam lima pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris, Arsenal harus menghadapi tantangan sulit dalam misi mereka untuk kembali ke trek positif.

Skuat The Gunners pimpinan Arsene Wenger akan bertanding melawanManchester City di Emirates, Ahad (2/4), padalaga lanjutan liga selepas jeda internasional. Kemenangan menjadi obligasi bagi Arsenal demi mempertahankan peluang finis di zona Liga Champions.

Saat ini kubu London Utara menempati posisi keenam dengan nilai 50, terpaut enam poin dari peringkat keempat Liverpool. Sementara Man City sendiri bertengger di tangga ketiga setelah mengumpulkan 57 angka.

Meski berlaga di kandang sendiri, status tuan rumah tidak otomatis menjadi angin sejuk untuk Arsenal. Pasalnya, Wenger memiliki rekor jeblok kala berhadapan dengan klub yang ditukangi Pep Guardiola.

Bekas pelatih Barcelona dan Bayern Munich tersebut memang ibarat momok buat Le Professeur. Catatan head-to-head antara kedua manajer sangat timpang, dengan Guardiola menggenggam superioritas atas Wenger.

Dari total sembilan kali adu strategi di kancah kompetitif, Wenger cuma mengais dua kemenangan kontra Guardiola dan menyerah pada lima kesempatan. Duel teranyar juga menghasilkan keunggulan untuk Pep kala The Citizens bangkit untuk mencetak kemenangan comeback 2-1 di Etihad pada pertemuan pertama kedua tim di EPL musim ini, Desember silam.

Kepala Wenger bakal bertambah pening bila memikirkan Sergio Aguero, striker jagoan Manchester City. Maklum, pemain Argentina ini sangat rajin membobol gawang tim-tim London. Terhitung sudah 37 gol dibuat Aguero dalam 53 penampilan menghadapi kubu ibu kota.

Dengan rasio 0,70 gol per partai, eks bintang Independiente ini hanya kalah dari Thierry Henry, notabene legenda Arsenal, dalam rekor menghadapi tim Liga Primer dari London. Catatan Henry adalah 0,73 gol per pertandingan.

Namun, tidak berarti Arsenal tidak mempunyai sejarah positif sama sekali versus Man City. Salah satu fakta yang mendukung The Gunners adalah keberadaan Theo Walcott dalam tim. Walcott mampu membukukan empat gol dalam empat bentrokan terakhir dengan The Eastlands.

Selain itu, terlepas dari rekor personal Wenger versus Guardiola, Arsenal mengantongi catatan yang impresif menghadapi City di kandang, hanya sekali takluk dalam 19 laga terakhir.

Yang pasti, apa pun hasil pertandingan pada Minggu lusa, penonton dapat berharap disuguhi banyak gol. Tujuh pertarungan terakhir antara kedua kubu di ajang liga melahirkan 27 gol atau rata-rata 3,86 per partai.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!