Mensos Khofifah Cari Keberadaan Suku Mante

redaksi.co.id - Mensos Khofifah Cari Keberadaan Suku Mante Masyarakat dunia maya beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kemunculan video yang memperlihatkan sosok yang diduga suku Mante di...

52 0

redaksi.co.id – Mensos Khofifah Cari Keberadaan Suku Mante

Masyarakat dunia maya beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kemunculan video yang memperlihatkan sosok yang diduga suku Mante di Aceh. Dalam video itu, terlihat manusia kecil yang tiba-tiba saja muncul lalu berlari ke dalam hutan.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengaku pernah mendengar cerita keberadaan suku Mante beberapa bulan lalu.

“Kalau Mante kebetulan satu setengah bulan lalu, saat ke Aceh Tengah, saya mendapat cerita ada suku cukup tua dan hampir punah,” kata Khofifah di kantornya, Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Menurut dia, sulit untuk menemukan dan mendata berapa jumlah suku Mante. Sebab, warga suku itu disebut sering tinggal di gua dan berpindah-pindah.

“Jadi tidak bisa mendeteksi berapa jumlahnya. Ini memang saya menugaskan dinas sosial provinsi untuk menyisir,” kata Khofifah.

Pencarian suku Mante itu, kata Khofifah, perlu dilakukan agar tidak punah. Sehingga jika ditemukan, bisa diberikan perlindungan sosial.

“Menurut saya ini perlu dilakukan agar tidak punah. Mungkin udara di Aceh Tengah masih sehat, tapi ada puting beliung. Jadi menurut saya, ada perlindungan sosial, itu bagian penting,” kata Khofifah.

Menurut dia, jika memang bisa membuktikan keberadaannya, maka bisa segera melakukan komunikasi, dan cepat mendapatkan perlindungan yang baik.

“Perlu kita bangun komunikasi, supaya dapat perlindungan yang baik. Apakah disiapkan permukiman sosialnya, dan fasilitas lain,” tutur Khofifah.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!