Ini Pembagian Jatah 48 Tim Peserta Piala Dunia

redaksi.co.id - Ini Pembagian Jatah 48 Tim Peserta Piala Dunia FIFA mengumumkan rencana mereka untuk menambah slot peserta Piala Dunia menjadi 48 tim pada Kamis (31/3),...

40 0

redaksi.co.id – Ini Pembagian Jatah 48 Tim Peserta Piala Dunia

FIFA mengumumkan rencana mereka untuk menambah slot peserta Piala Dunia menjadi 48 tim pada Kamis (31/3), termasuk tempat otomatis untuk Oseania, 16 jatah bagi wakil Eropa, dan turnamen play-off antarzona berisi enam tim untuk memperebutkan dua tiket tersisa.

Proposal-proposal akan diajukan kepada Dewan FIFA pada pertemuan selanjutnya di Bahrain pada 9 Mei untuk keputusan final. Nantinya setelah disetujui, keputusan ini akan diberlakukan pada Piala Dunia 2026.

Dalam proposal yang dibuat oleh Biro FIFA, Eropa akan mendapatkan 16 tiket langsung, Afrika sembilan, Asia delapan, Amerika Selatan enam, CONCACAF enam, dan Oseania satu sehingga total peserta menjadi 46 tim.

Negara tuan rumah akan lolos otomatis dan jatahnya akan diambil dari alokasi konfederasi. Dua posisi tersisa akan ditentukan melalui turnamen play-off enam tim yang akan diambil dari tuan rumah Piala Dunia, kemungkinan pada November sebelum final.

Turnamen itu akan memasukkan satu tim dari tiap konfederasi, kecuali UEFA, dan satu slot tambahan dari benua tuan rumah.

FIFA memutuskan pada Januari untuk menambah jumlah peserta turnamen dari 32 tim menjadi 48 tim.

Alokasi saat ini adalah 13 posisi untuk Eropa, lima untuk Afrika, empat untuk Asia dan Amerika Selatan, dan tiga untuk CONCACAF. Asia, Amerika Selatan, CONCACAF, dan Oseania juga mendapatkan tempat pada dua pertandingan play-off antar zona.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!