Analis: Huawei Bakal Jadi Kompetitor Utama Apple

redaksi.co.id - Analis: Huawei Bakal Jadi Kompetitor Utama Apple Analis Drexel Hamilton, Brian White, memerkirakan Huawei akan menggeserSamsung sebagairival utama Apple. Hal ini kemungkinan terjadi beberapa...

69 0

redaksi.co.id – Analis: Huawei Bakal Jadi Kompetitor Utama Apple

Analis Drexel Hamilton, Brian White, memerkirakan Huawei akan menggeserSamsung sebagairival utama Apple. Hal ini kemungkinan terjadi beberapa tahun lagi.

“Saya memprediksiperusahaan Tiongkok akan menggeser Samsung dan kemungkinannya adalah Huawei. Saya melihat ada pertarungan antara Huawei dan Apple di masa depan, sedangkan Samsung dan sejumlah kompetitor yang lebih kecil, berada di bawah mereka,” ungkap White, seperti dilansir dariCNBC, Jumat(31/3/2017).

Menurut White, sejumlah vendor smartphone sekira tiga sampai lima tahun mendatang akan berada di “tepian jalan”. SementaraHuawei dan Apple akan menjadi bintang utama.

Senada dengan White, investor Hans Tung, juga meragukan persaingan antara Apple dan Samsung akan berlangsung lama. Ditambah lagi pasar smartphone sudah mulai jenuh dan makin sulit membuat konsumen terkesan. Bahkan konferensi pers besar untuk mengumumkan perangkat baru seperti Galaxy S8, dinilai tidak menjadi jaminan membuat konsumen terkesan.

“Sangat sulit untuk menghadirkan sebuah ponsel yang akan benar-benar mengejutkan konsumen,” kata Tung.

Di sisi lain, Apple memiliki keuntungan yang tidak dimiliki Samsung dan Huawei yaitu bisa mengontrol hardware dan softwaredi perangkatnya. “Perusahaan seperti Apple, yang membuat hardware dan software secara bersamaan, bisa menjadi sangat berbeda, sedangkan Samsung tidak bisa melakukannya,” sambung Tung.

Namun sejauh ini perusahaan seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi mampu menciptakan sebuah ekosistem. Hal ini diperlukan untuk memenangkan pangsa pasar. Namun ekosistem, hardware dan software, harus bisa terintegrasi dengan baik.

“Jika semuanya tidak terintegrasi dengan baik, kalian tidak akan menyuguhkan pengalaman pengguna yang hebat, dan itulah yang kita butuhkan dari semua perusahaan ponsel saat ini,” ungkap Tung.

(Din/Why)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!