5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tabungan Jebol

redaksi.co.id - 5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tabungan Jebol Hati-hati jika tabungan jebol tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ini karena pengeluaran yang dianggap...

46 0

redaksi.co.id – 5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tabungan Jebol

Hati-hati jika tabungan jebol tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ini karena pengeluaran yang dianggap sepele yang hampir dilakukan setiap hari.

Sejatinya, sebagian besar orang ingin selalu menjaga transaksi keuangannya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan, serta bisa menyisihkan untuk menabung paling tidak setiap bulannya. Namun, terkadang pengeluaran yang jumlahnya kecil namun sering dilakukan, bisa memicu borosnya keuangan Anda.

Baru saja memasuki tanggal gajian, setelah beberapa hari ternyata Anda sudah mulai keteteran karena ada banyak pengeluaran rutin yang jumlahnya besar yang harus segera dilunasi.

Selain itu, kebutuhan sehari-hari juga semakin meningkat, Anda terpaksa menggunakan semua uang yang ada di saat gajian bulanan Anda. Hal ini tentunya memicu untuk menggunakan uang tabungan anda.

Berikut 5 hal sepele yang ternyata bisa bikin tabungan kita jebol, seperti dikutip dari laman www.cermati.com, Sabtu (1/4/2017):

1. Mampir Ke Mini Market

Mini market adalah alternatif belanja termudah dan terdekat dari lokasi tempat tinggal kita. Mini market di kita, umumnya menjual beberapa produk kebutuhan pokok, serta aneka cemilan favorit.

Karena beberapa cemilan, makanan ringan ini biasanya tidak banyak dijumpai di supermarket, pelanggan yang melihatnya selalu tergoda untuk membelinya. Padahal, niat awal pergi ke mini market adalah untuk berbelanja kebutuhan pokok saja. ini yang menjadi alasan, uang Anda cepat habis tanpa sebab.

2. Menggunakan Aplikasi Online

Anda memiliki hobi belanja online? Mungkin ini akan cukup meringankan, jadi tidak harus mondar-mandir pergi ke mal untuk berbelanja. Namun, dalam hal ini, Anda juga bisa terjebak dalam keborosan sekalipun hanya belanja online dengan cukup hemat.

Selain kurang hemat paket data, Anda juga akan menguras uang pulsa serta membayar untuk ongkos kirim yang berbeda harganya, di setiap wilayah.

3. Mengambil Uang di ATM Bank lain

Biasakan, jika memang Anda menabung dan menyimpan sebagian uang di dalam bank, maka sebaiknya anda tidak menarik uang tersebut sewaktu-waktu di ATM yang tidak relevan dengan kartu debit nya.

4. Sering Membeli Air Mineral

Air mineral tentunya menyehatkan, namun bila anda cukup sering membeli air mineral di luar, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Membeli air mineral, dalam jangka waktu yang cukup sering, bisa membuat keuangan boros juga. Walau harganya hanya Rp 2.000-an, namun jika dilakukan terus menerus, pengeluaran untuk air minum saja akan besar. Sebaiknya membawa minum air dari rumah sendiri.

5. Bermain Game

Bermain game adalah hal yang menyenangkan, dan juga bisa mengasah otak kita. Namun sayangnya, game ini terkadang tidak selalu bisa dimainkan secara gratis. Anda juga bisa mengeluarkan budget khusus untuk game ini. untuk hal ini, anda juga harus hati-hati ya.

Bisa Menahan Diri Untuk Tidak Boros

Sebaiknya maksimalkan pertahanan diri Anda agar tidak terlalu boros dalam hal sekecil apapun. Munculnya pengeluaran yang besar tentu diawali dengan adanya pengeluaran kecil yang tidak terduga. Jangan anggap sepele keuangan anda, jika tidak ingin tabungan jebol.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!