Dengan Cara Ini, Gaji Kecil Bisa Buat Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan

redaksi.co.id - Dengan Cara Ini, Gaji Kecil Bisa Buat Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tidak serta merta membuat Anda bisa membeli...

59 0

redaksi.co.id – Dengan Cara Ini, Gaji Kecil Bisa Buat Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan

Sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tidak serta merta membuat Anda bisa membeli dan memenuhi seluruh keinginan dengan mudah. Gaji yang kecil sering kali menjadi kendala. Di luar sana banyak karyawan lainnya juga merasakan hal yang sama. Jika sudah begini, niat Anda untuk membeli barang idaman bisa saja hanya menjadi impian semata.

Ada banyak hal yang mungkin ingin Anda wujudkan, misalnya berlibur, membeli perabotan, memiliki kendaraan, ataupun mempunyai rumah. Semua ini tentu memerlukan dana yang cukup besar. Meskipun bergaji kecil, Anda tetap bisa memenuhi keinginan-keinginan tersebut. Tentunya ditunjang dengan upaya dan kerja keras yang konsisten.

Berikut ini ada tujuh cara yang dapat membantu Anda dalam memanfaatkan gaji sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Hitung Dana viashutterstock.com

Jika menginginkan suatu barang, Anda pasti akan mencari-cari informasi selengkap-lengkapnya. Bahkan, estimasi harga barang tersebut di pasaran. Hal ini sangat penting untuk membantu Anda dalam mempersiapkan dana yang diperlukan. Masukkan pembelian barang ini sebagai . Perhitungkan dengan tepat terkait jumlah dana dan waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Komitmen Itu Penting demi Tercapainya Tujuan viashutterstock.com

Mulailah berupaya untuk bisa mencapai tujuan keuangan Anda sebaik mungkin. Miliki komitmen yang kuat untuk mengupayakan dan mewujudkannya. Komitmen yang kuat ini sangat dibutuhkan sejak awal agar Anda memang benar-benar mau dan akan berjuang dengan maksimal.

Hilangkan Pengeluaran yang Tak Perlu viashutterstock.com

Ketika pendapatan yang dimiliki terbilang kecil, Anda memang harus memiliki kemampuan memanajemennya agar mencukupi berbagai kebutuhan hidup Anda. Namun, kemampuan saja tidak cukup. Sebab Anda akan kesulitan bila ada tambahan kebutuhan lain yang telah Anda masukkan ke dalam tujuan keuangan. Artinya, bukan hanya mencukupkan saja, melainkan Anda juga harus bisa menghemat uang keluar setiap bulannya.

Mulailah memperketat pengeluaran supaya Anda bisa menyisihkan sebagian uang Anda demi terwujudnya tujuan keuangan. Pangkas berbagai macam biaya yang tidak perlu atau penting. Jika perlu, tiadakan sama sekali berbagai pos pengeluaran yang tidak penting tersebut.

Menabung Bisa Jadi Cara Mencapai Tujuan Keuangan viashutterstock.com

Anda juga wajib menabung dan menyisihkan sebagian dari pendapatan. Tetapkan jumlah uang yang ingin Anda tabung dan akan sisihkan setiap bulannya. Hal ini akan lebih efektif dan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam meraih keinginan dalam membeli barang yang diidam-idamkan.

Bila Anda sedang mencari-cari produk tabungan, tabungan berjangka dari Bank Danamon cocok untuk meningkatkan nilai tabungan. Dengan bunga 7% per tahun, bisa dimanfaatkan untuk dana naik haji, liburan, ataupun menikah.

Jangan Lupa Menyisihkan Gaji untuk Ditabung viashutterstock.com

Segera sisihkan dana untuk tabungan Anda setiap menerima gaji. Tempatkan dana tersebut di dalam rekening terpisah untuk menghindarkan dari hal-hal yang mungkin membuat Anda khilaf lalu menggunakannya. Jika Anda selalu disiplin melaksanakannya, tujuan keuangan niscaya akan tercapai.

Ilustrasi Belanja viashutterstock.com

Salah satu cara meminimalkan pengeluaran adalah belanja dengan cerdas. Manfaatkan diskon toko, promo, atau diskon yang ada. Jangan lupa untuk melihat katalog belanja terlebih dahulu sehingga Anda bisa tahu penawaran terbaik dan paling hemat. Beberapa toko juga menerapkan program belanja hemat pada hari tertentu maka manfaatkan kesempatan ini. Jika jeli dan bisa membelanjakan uang dengan cerdas, Anda bisa menghemat banyak uang dan segera mencapai tujuan keuangan Anda.

Ilustrasi Evaluasi viashutterstock.com

Terkadang dalam mencapai tujuan bisa saja hasilnya jauh dari yang Anda harapkan. Untuk itu, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala sehingga bisa mengetahui seefektif apakah usaha atau upaya yang Anda lakukan. Sesekali ada yang perlu diperbaiki. Namun, dengan tetap disiplin dan memiliki keyakinan yang kuat, rencana Anda akan terwujud dengan baik.

Dengan gaji yang kecil, berbagai keinginan Anda mungkin saja sulit untuk dipenuhi, terutama yang membutuhkan dana yang cukup besar. Namun, jika berupaya dan melakukan berbagai cara yang tepat, hal ini bisa saja terpenuhi dengan baik. Mulailah atur keuangan Anda dengan tujuan yang jelas agar berbagai keinginan Anda bisa terwujud dengan baik pada masa yang akan datang.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!