Donald Trump: AS akan Lawan Ancaman Nuklir Korea Utara

redaksi.co.id - Donald Trump: AS akan Lawan Ancaman Nuklir Korea Utara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan negaranya siap menghadapi ancaman nuklir Korea Utara jika...

64 0

redaksi.co.id – Donald Trump: AS akan Lawan Ancaman Nuklir Korea Utara

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan negaranya siap menghadapi ancaman nuklir Korea Utara jika Cina gagal untuk menekan Pyongyang. Trump menyatakan pihaknya masih mengharapkan Cina dapat membantu AS untuk menghadapi kemungkinan ancaman nuklir Korea Utara.

“Cina memiliki pengaruh besar atas Korea Utara. Cina pun akan memutuskan untuk membantu kami, atau mereka tidak akan,” kata Trump sebagaimana dilansir dari Reuters, Senin (3/4).

Jika Cina tidak dapat menekan Korea Utara, kata Trump, maka AS yang akan melakukannya. “Seperti yang sudah saya katakan, kami akan menghadapinya,” ujarnya.

Trump akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan Presiden Cina, Xi Jinping, pada Kamis dan Jumat (6-7/4) pekan ini. Kedua pemimpin diperkirakan akan membahas beberapa isu seperti Korea Utara, ambisi Cina di Laut Cina Selatan, dan perdagangan.

Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS, K.T. McFarland mengatakan ada potensi Korea Utara mampu memukul Amerika dengan rudal bersenjata nuklir dalam waktu dekat. Namun, sejumlah pakar intelijen tidak sepakat dengan penilaian McFarland tersebut. Menurut para pakar, kemampuan Korea Utara untuk meluncurkaan rudal masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!