Faktor Global Jadi Pemberat Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga

redaksi.co.id - Faktor Global Jadi Pemberat Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Langkah Bank Indonesia (BI) dalam memangkas suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate masih...

91 0

redaksi.co.id – Faktor Global Jadi Pemberat Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga

Langkah Bank Indonesia (BI) dalam memangkas suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate masih terbatas, meskipun terjadi deflasi sekitar 0,02 persen.

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Aviliani mengatakan, walaupun isu domestik sudah mendukung untuk menurunkan suku bunga yang saat ini di level 4,75 persen, tetapi terdapat isu global yang membayangi perekonomian dalam negeri.

“The Fed cenderung akan menaikkan suku bunganya, apalagi kalau AS dan isunya dia akan melakukan tax amnesty, itu tidak mudah buat kita,” tutur Aviliani di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (4/4/2014).

Menurut Aviliani, meski BI melakukan langkah penurunan suku bunga BI 7-day Repo Rate pada tahun ini, namun terlihat nantinya perbankan tidak langsung menurukan suku bunga kredit ataupun depositonya karena terkendala dengan persoalan likuiditas.

“Oleh karena itu supaya bisa ditahan dan bisa sejalan, makanya pemerintah harus koordinasi dengan bank, terutama terkait obligasi supaya tidak saling menarik likuiditas,” papar Aviliani.

BI sendiri sejauh ini tetap mewaspadai dan mencermati sejumlah risiko dalam jangka pendek ke depan, baik yang bersumber dari global maupun domestik.

Risiko yang berasal dari global antara lain terkait kenaikan inflasi global, arah kebijakan ekonomi dan perdagangan AS, dan dampak lanjutan kenaikan suku bunga AS, serta risiko geopolitik di Eropa.

Sementara itu, risiko dari domestik yang tetap perlu dicermati terutama terkait dengan dampak penyesuaian administered prices terhadap inflasi.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!