Menguji Kecepatan Bluetooth 5.0 Samsung Galaxy S8

redaksi.co.id - Menguji Kecepatan Bluetooth 5.0 Samsung Galaxy S8 Kehadiran ponsel flagshipSamsung Galaxy S8 menjadi perhatian banyak orang, khususnya mereka yang mengikuti perkembangan teknologi.Galaxy S8 dan...

58 0

redaksi.co.id – Menguji Kecepatan Bluetooth 5.0 Samsung Galaxy S8

Kehadiran ponsel flagshipSamsung Galaxy S8 menjadi perhatian banyak orang, khususnya mereka yang mengikuti perkembangan teknologi.

Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus hadir dengan sejumlah fitur baru yang belum ada pada pendahulunya. Sebut saja asisten virtual Bixby, pemindai wajah, hingga dihilangkannya tombol Home pada muka smartphone.

© Walaupun layar besar, bodi Samsung Galaxy S8 tetap nyaman digunakan meski hanya dengan satu tangan. … Samsung Galaxy S8

Tak cukup di situ, Galaxy S8 juga jadi smartphone pertama yang mengadopsi teknologi terbaru Bluetooth 5.0.

Koneksi nirkabel ini diklaim menawarkan performa lebih baik, terutama dari sisi audio, kecepatan, dan jangkauan jarak perangkat.

Disebut pula, Bluetooth generasi kelima ini menghadirkan kecepatan dua kali lebih cepat saat mentransfer file dibandingkan dengan pendahulunya, Bluetooth 4.2 yang diluncurkan pada Desember 2014. Meskipundengan jangkauan perangkat yang lebih jauh, yakni sekitar 800 kaki (240 meter).

Penasaran seperti apa cepatnya koneksi Bluetooth 5.0 saat dipakai untuk mengirimkan sebuah file?

Berdasarkan percobaan yang Tekno Liputan6.com lakukan, yakni mengirim foto dengan kapasitas file 2,28MB dari Bluetooth 5.0 ke Bluetooth 4,2 hanya diperlukan waktu sekitar 23 detik. Sementara, saat dipakai untuk mengirimkan foto berukuran 2,48MB dibutuhkan waktu 25 detik saja.

PerbandinganBluetooth 4.2 dan 5.0

Waktu transfer pun relatif lebih singat saat dipakai untuk mengirimkan file berkapasitas 800KB, yakni hanya butuh waktu kurang dari 7 detik.

Sebagai perbandingan, ketika transfer file dilakukan menggunakan Bluetooth 4.2 ke ponsel dengan Bluetooth 5.0, proses pengiriman berlangsung sedikit lebih lama, yakni 9,2 detik untuk foto berukuran 800KB.

Pun demikian saat dipakai untuk mengirimkan file berukuran 5,83MB ke ponsel dengan Bluetooth 4.1 dibutuhkan waktu 2 menit 10 detik. Sementara, saat mengirimkan file sama ke ponsel dengan Bluetooth 4.2 dibutuhkan waktu 1 menit 41 detik.

Sayangnya, kami belum melakukan percobaan pengiriman file menggunakan dua ponsel dengan koneksi Bluetooth 5.0. Kemungkinan jika menggunakan dua jenis bluetooth yang sama (dalam hal ini Bluetooth 5.0 ke Bluetooth 5.0), pengiriman file bakal berlangsung lebih cepat.

(Tin/Isk)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!