Ratusan Ribu Aplikasi iOS Terancam Mogok

redaksi.co.id - Ratusan Ribu Aplikasi iOS Terancam Mogok Tombol Get di App Store9 to 5 MaciOS 11 diperkirakan akan datang dalam waktu 6 bulan ke depan....

94 0

redaksi.co.id – Ratusan Ribu Aplikasi iOS Terancam Mogok

Tombol Get di App Store9 to 5 Mac

iOS 11 diperkirakan akan datang dalam waktu 6 bulan ke depan. Update sistem operasi terbaru untuk gadget Apple tersebut dikhawatirkan bakal membuat ratusan ribu aplikasi menjadi tidak kompatibel dengan iPhone dan iPad.

Sebabnya berakar pada peralihan arsitektur chip Apple dari 32-bit ke 64-bit pada 2013 yang dimulai dengan prosesor A7 di iPhone 6S. Sebagian aplikasi iOS lawas masih ditulis dengan pemrograman 32-bit dan tak mendapat update dari pembuatnya.

Aplikasi-aplikasi inilah yang disinyalir tak akan kompatibel alias tidak bisa berjalan di iOS 11. Lembaga riset aplikasi SensorTower mengatakan, dari 2,4 juta aplikasi iOS di App Store, ada sekitar 8 persen yang masih memakai pemrograman 32-bit.

Artinya, ada 187.000 aplikasi yang terancam bakal mogok di iOS 11. Sebagian besar merupakan game lawas yang tak diperbarui oleh pembuatnya.

Apple kemungkinan ingin mengurangi beban dan meningkatkan kinerja iOS versi berikutnya di perangkat-perangkat 64-bit dengan langkah ini, tulis SensorTower, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari News.com.au, Selasa (4/4/2017).

Apple sendiri sudah mengimbau para developer aplikasi agar menulis aplikasi dengan pemrograman 64-bit sejak Februari 2015 lalu.

Sebelumnya, Apple diketahui berencana memangkas dukungan perangkat-perangkat non-64 bit seperti iPhone 5, iPhone 5C, dan iPad generasi ke-4 pada iOS 11. Hal tersebut diketahui dari baris kode yang terdapat di iOS versi 10.3.

Di dalam iOS 10.3 juga terdapat tool untuk mengetahui aplikasi mana (yang terpasang di perangkat) yang tak akan kompatibel dengan iOS berikutnya. Tool ini bisa diakses di settings > general > about > application.

Penulis: Oik Yusuf

Editor: Deliusno

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!