Perlancar Proyek Infrastruktur, Pemerintah Suntik Rp 20 Triliun

redaksi.co.id - Perlancar Proyek Infrastruktur, Pemerintah Suntik Rp 20 Triliun Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berharap dengan alokasi penyertaan modal negara senilai Rp 20 triliun pada...

67 0

redaksi.co.id – Perlancar Proyek Infrastruktur, Pemerintah Suntik Rp 20 Triliun

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berharap dengan alokasi penyertaan modal negara senilai Rp 20 triliun pada tahun ini ke Badan Layanan Umum Lembaga Manajemen Aset Negara (BLU LMAN), dapat memperlancar pembangunan proyek strategis nasional. Pasalnya, suntikan modal –merupakan bagian dari pembiayaan APBN 2017 –difokuskan untuk skema pendanaan pengadaan tanah bagi proyek strategis. Selama ini, pengadaan lahan menjadi salah satu hambatan yang paling besar dalam pembangunan infrastruktur. Dengan dianggarkannya dana tersebut, pemerintah yakin dan berharap proyek strategis nasional yang sering terhambat terlaksana sesuai target. Ini bagian dari komitmen pemerintah, ujarnya dalam peluncuran skema pendanaan pengadaan tanah proyek strategis nasional oleh BLU LMAN, Selasa, 4 April 2017.

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), berdiskusi dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebelum konferensi pers Paket Kebijakan Ekonomi X di Kantor Presiden, Jakarta, 11 Februari 2016. Peraturan Presiden tersebut memuat Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. TEMPO/Aditia Noviansyah

Darmin berujar sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah berkomitmen mencapai target penurunan biaya logistik dari 23,5 persen menjadi 19 persen dari produk domestik bruto (PDB). Untuk menggapainya, pemerintah membangun 2.650 kilometer jalan, 3.259 kilometer jalur kereta api, pengembangan 24 pelabuhan, pembangunan 15 bandara baru, penyediaan 35 ribu megawatt pembangkit listrik, air bersih, dan layanan broadband.

Pemerintah, kata Darmin, telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 102/2016 tentang Pendanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Dalam Rangka Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

BISNIS.COM

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!