Apple Bakal Garap GPU iPhone Secara Mandiri?

redaksi.co.id - Apple Bakal Garap GPU iPhone Secara Mandiri? Setelah berhasil mengembangkan central processing unit (CPU) sendiri, Apple dilaporkan berencana menggarap kartu grafis (GPU) secara mandiri....

61 0

redaksi.co.id – Apple Bakal Garap GPU iPhone Secara Mandiri?

Setelah berhasil mengembangkan central processing unit (CPU) sendiri, Apple dilaporkan berencana menggarap kartu grafis (GPU) secara mandiri. Informasi ini pertama kali diungkapkan oleh Imagination Technologies, perusahaan pemasok CPU untuk iPhone dan iPad hingga saat ini.

Menurut perusahaan asal Inggris tersebut, Apple tak akan lagi menggunakan teknologi dari Imagination Technologies kurang dari dua tahun. Dikutip dari The Verge, Selasa (4/4/2017), Apple berencana bekerja secara terpisah untuk mengontrol produknya sendiri dan mengurangi ketergantungan padateknologi Imagination.

Keputusan ini diprediksi akan menjadi pukulan telak bagi Imagination, mengingat perusahaan itu menggantungkan setengah pendapatannya dari GPU yang disematkan pada iPhone atau iPad. Di sisi lain, Apple sebenarnya memiliki lebih dari 8 persen saham di Imagination.

Apabila kabar ini benar, ternyata ada masalah lain yang diperkirakan akan Apple hadapi. Imagination merasa upaya perusahaan asal Cupertino itu untuk menggarap CPU sendiri hampir tak mungkin dilepaskan dari pelanggaran paten. Alasannya, perusahaan itu telah cukup lama mengandalkan teknologi Imagination.

Tak hanya itu, Apple juga menolak memberikan bukti bahwa perusahaan itu tak lagi membutuhkan teknologi Imagination, tanpa melanggar paten, intellectual property, dan informasi rahasia dari Imagination. Terlebih, hampir tak mungkin menggarap arsitektur GPU dari dasar.

Namun mengingat Apple belum berkomentar mengenai informasi ini, ada kemungkinan rencana itu tak langsung dieksekusi oleh Apple. Imagination juga menuturkan tak menutup kemungkinan ada perjanjian alternatif yang dilakukan dua perusahaan sebelum Apple benar-benar menggarap GPU sendiri.

(Dam/Why)

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!