Berapa Kekayaan Bersih Lionel Messi?

redaksi.co.id - Berapa Kekayaan Bersih Lionel Messi? Sejauh ini Lionel Messi masih belum menyepakati kontrak baru dengan Barcelona, yang akan kedaluwarsa pada 2018. Walau saat initak...

93 0

redaksi.co.id – Berapa Kekayaan Bersih Lionel Messi?

Sejauh ini Lionel Messi masih belum menyepakati kontrak baru dengan Barcelona, yang akan kedaluwarsa pada 2018. Walau saat initak ada kekhawatiran besar bahwa ia mungkin meninggalkan Camp Nou, perlahan tapi pasti waktu terus berjalan mendekati musim panas tahun depan.

Di mana pun Messi akhirnya berada – dan tentunya banyak sekali klub yang bersedia menawarinya insentif finansial signifikan untuk berpisah dari Barca – dapat dipastikan kapten superstar Argentina ini bakal mendapati kesepakatan bernilai raksasa dalam waktu dekat.

Namun, berapa sebenarnya nilai kekayaan Messi sekarang ini? Kendati sulit menemukan angka pasti, kita bisa mengumpulkan banyak informasi dari berita-berita yang telah dilaporkan dan membandingkan penghasilan La Pulga dengan rivalnya dari Rea lMadrid, Cristiano Ronaldo.

Berapa gaji Messi?

Messi dikabarkan menjadi pemain dengan gaji terbesar ketiga di Eropa setelah Ronaldo dan Gareth Bale. Patut digarisbawahi bahwa dua bintang Real Madrid tersebut sama-sama menandatangani kontrak baru pada 2016, sedangkan komitmen teranyar Messi disepakati pada 2014, jadi tidak terlalu mengejutkan bila bayaran kedua pemain melebihi La Pulga.

Laporan umum kerap menyebutkan gaji mingguan Messi adalah 336ribu, sekitar 30 ribu lebih sedikit daripada Ronaldo. Baik di Barca ataupun di klub lain, Messi paling tidak akan menerima pendapatan setara dengan CR7 atau bahkan mengungguli sang rival saat meneken kontrak berikut dalam kariernya.

Andai Messi mengambil keputusan yang menggegerkan jagat sepak bola dengan hijrah ke Tiongkok, ia bahkan mungkin bisa mengantongi gaji lebih tinggi ketimbang Carlos Tevez yang menerima615 ribu per pekan – tetapi transfer Messi ke Negeri Tirai Bambu kemungkinannya sangat kecil terjadi di tahapan kariernya saat ini dan nyaris pasti gaji semasif itu akan melanggar aturan Financial Fair Play di Eropa. Oscar, dengan upah mingguan 400 ribu di Tiongkok, adalah satu-satunya pemain selain Tevez yang punya gaji di atas Ronaldo.

Apa saja sponsor Messi?

Sebagaimana Ronaldo, kesepakatan sponsor Messi terlalu banyak untuk dicantumkan seluruhnya, tetapi yang paling signifikan adalah kerja sama dengan pembuat sepatunya. Rivalitas berlanjut dalam persaingan antara Nike (Ronaldo) dan Adidas (Messi) di luar lapangan.

Hanya beberapa bulan setelah Ronaldo menandatangani kesepakatan “jangka panjang” dengan Nike, yang dirumorkan serupa dengan perjanjian seumur hidup yang diteken bintang bola basket Le Bron James – dan kemungkinan bernilai $1 miliar – Messi, seperti bisa diduga, melakukan hal yang sama dengan Messi. Detail kontrak tidak diungkapkan, namun kabar di Spanyol menyatakan ini setidaknya berlaku hingga akhir karier bermain Messi.

Messi juga menjadi wajah penting dari kampanye besar Pepsi, Gillette, serta Turkish Airlines. Dalam daftar selebriti terkaya 2016, Forbes menaksir nilai kontrak sponsor Messi secara total padat ahun lalu adalah $28 juta.

Bisnis apa yang dimiliki Messi?

Bagian dari daya tarik Messi adalah citranya sebagai pesepak bola murni yang tidak terlalu tertarik pada gaya hidup mewah di luar lapangan. Kurangnya keberminatan Messi untuk merambah bidang lain dan menciptakan sebuah brand pribadi rupanya malah menjadi brand tersendiri, dan ini atraktif bagi para sponsor.

Pada kenyataannya, meski ia tidak memiliki produk celana dalam, sepatu, dan parfum seperti Ronaldo, ia berinvestasi dalam dunia properti. Di dekat tempat kelahirannya di Rosario di Argentina,misalnya, Messi merogoh kocek untuk proyek Azahares del Parana(konsep perumahan dengan satu gerbang di pinggir kota) juga gedung apartemen di pusat kota.

Hampir pasti ada jauh lebih banyak investasi lainnya di luar itu, namun – sebagaimana telah menjadi kecenderungan dengan Messi -ia menyimpannya rapat-rapat.

Apa kegiatan amal yang dilakukan Messi?

Seperti bisnisnya, kegiatan amal Messi juga banyak namun cenderung difokuskan melalui sumber daya dan badan yang dipercayainya. Ia memiliki yayasan sendiri, Leo Messi Foundation,yang baru-baru ini mengumumkan akan mendukung kampanye untuk membasmi Hepatitis C.

Inisiatif yang didukung Messi pada umumnya berhubungan dengan anak-anak telantar dan kesehatan mereka, dan ia ditunjuk menjadi duta untuk Unicef pada 2010 setelah bekerja sama dengan merekas ejak 2004.

Berapa follower Messi di media sosial?

Messi mempunyai laman Facebook dan Instagram yang luar biasa populer tetapi ia tidak terdaftar di Twitter. Hanya ada akun ‘TeamMessi’ yang dibuat oleh sponsornya, Adidas.

Kapten timnas Argentina ini harus mengakui keunggulan Ronaldo di media sosial. Laman Facebook Messi adalah yang kedua terpopuler di antara atlet seluruh cabang olahraga dengan 88 juta like, dan ia menempati peringkat keempat di Instagram (67 juta) setelah Ronaldo,Dwayne Johnson, dan Neymar.

Sebagai perbandingan, Ronaldo memiliki 120 juta like di Facebook dan 95 juta follower di Instagram.

Berapa kekayaan bersih Messi?

Kekayaan bersih Messi diperkirakan berada di kisaran 200 juta hingga 230 juta, dan kemungkinan sedikit lebih rendah dar iRonaldo. Namun, angka-angka ini sifatnya spekulatif, terutama mengingat ketertarikan bisnis pemain 30 tahun ini cenderung tidak dipublikasikan secara luas.

Forbes menempatkan Messi di urutan kedua di antara para atletdalam daftar 100 selebriti dengan pemasukan terbesar 2016, melansir angka $81,5 juta sebagai nilai pendapatannya pada tahun itu, $6,5juta di bawah Ronaldo tapi unggul jauh $44 juta atas ZlatanIbrahimovic, pesepakbola berikutnya dalam lis tersebut.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!