5 Superhero Muslimah dalam Komik Marvel

redaksi.co.id - 5 Superhero Muslimah dalam Komik Marvel Banyak yang mengira pahlawan super ciptaan semesta Marvel cenderung maskulin seperti Captain America, Hulk, Iron Man, atau Spider...

794 0

redaksi.co.id – 5 Superhero Muslimah dalam Komik Marvel

Banyak yang mengira pahlawan super ciptaan semesta Marvel cenderung maskulin seperti Captain America, Hulk, Iron Man, atau Spider Man. Padahal, penerbit komik asal Amerika Serikat itu punya banyak karakter yang amat heterogen.

Marvel yang kali pertama merilis komiknya pada 1939 ternyata juga menggagas kisah fiktif sejumlah superhero Muslimah. Para cewek jagoan itu memiliki berbagai latar belakang dan berasal dari seantero dunia, seperti dilansir dari laman resmi Marvelberikut ini.

1. Monet St Croix

Monet atau M merupakan anggota grup mutan remaja Generation X yang komiknya terbit pada 1994. Karakternya diciptakan Scott Lobdell dan Chris Bachalo yang pada masa itu hendak merepresentasikan tokoh langka superhero perempuan Muslimah di komik Amerika.

2. Sooraya Qadir

Karakter yang mengenakan gamis dan cadar hitam ini dimunculkan pengarang Grant Morrison dan seniman Ethan Van Sciver dalam New X-Men #133 pada Desember 2002. Perempuan kelahiran Afghanistan yang dijuluki Dust tersebut punya kekuatan badai pasir, sekaligus mampu mengubah diri menjadi bentuk partikel dan kemampuan magisnya untuk tak terdeteksi.

3. Faiza Hussain

Faiza Hussain atau Excalibur muncul pertama kali dalam komik Captain Britain and MI: 13 #1 pada Mei 2008. Dokter berhijab ini tinggal di London, Inggris, membantu sesama dengan kekuatan supernya memanipulasi benda atau bagian tubuh hingga level atom serta melumpuhkan banyak orang sekaligus.

4. Monica Chang

Tokoh keturunan Asia-Amerika ini muncul sebagai Black Widow kedua pada Ultimate Comics: Avengers #3 Desember 2009. Pada kemunculan lain di Avengers A.I. #4 pada 2013, Monica mengungkap bahwa dirinya adalah seorang Muslimah dan ada cerita di mana anggota Avengers A.I. lain yakni Doombot menungguinya shalat.

5. Kamala Khan

Gadis keturunan Palestina-Amerika yang tinggal di New Jersey ini dikenal dengan nama alias Ms Marvel. Kekuatan super dari pahlawan yang baru diperkenalkan 2013 silam tersebut adalah morfogenik yakni mengubah ukuran tubuh sesuai dengan keinginan dan mempercepat proses penyembuhan diri.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!