Google Pasang Kabel Laut Lewati Jakarta

redaksi.co.id - Google Pasang Kabel Laut Lewati Jakarta Foto: Google IndigoZDNetGoogle mengumumkan telah mengeluarkan investasi untuk pemasangan sistem kabel bawah laut yang bakal menghubungkan internet Asia...

59 0

redaksi.co.id – Google Pasang Kabel Laut Lewati Jakarta

Foto: Google IndigoZDNet

Google mengumumkan telah mengeluarkan investasi untuk pemasangan sistem kabel bawah laut yang bakal menghubungkan internet Asia dengan Australia. Salah satu wilayah yang bakal dilewati kabel tersebut adalah Jakarta, Indonesia.

Proyek kabel laut ini disebut dengan nama Indigo. Selain Jakarta, wilayah lain yang bakal dilalui kabel ini adalah Perth dan Sidney di Australia, serta Singapura. Secara keseluruhan kabel tersebut bakal mencapai panjang 9.000 kilometer.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari ZDNet, Kamis (6/4/2017), Google bekerja sama dengan sejumlah operator untuk menjalankan proyek Indigo. Operator tersebut adalah AARNet, Indosat Ooredoo, Singtel, SubPartners, dan Telstra.

Sementara itu proses konstruksi kabel bawah laut tersebut bakal ditangani oleh Alcatel Submarine Networks. Rencananya proses konstruksi akan selesai pada pertengahan 2019 mendatang.

Proyek Indigo awalnya akan berupa dua pasang kabel serat optik yang dirancang sanggup memuat kapasitas hingga 18 terabit per detik. Kapasitas tersebut dapat diibaratkan sebagai wadah yang sanggup menampung 8 juta konferensi video memakai Google Hangout dalam resolusi HD.

Google membangun kabel laut Indigo karena mempertimbangkan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di kawasan Asia Pasifik. Dengan adanya kabel tersebut raksasa internet ini juga bisa memuluskan pengembangan layanan Google Cloud, penyediaan tulang punggung untuk laynaan cloud publik lain, dan sebagainya. (Baca: )

Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto

Editor: Deliusno

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!