Giliran Korea Selatan yang Uji Misil Balistik

redaksi.co.id - Giliran Korea Selatan yang Uji Misil Balistik Foto: Korut menembakkan empat rudal balistik ke Laut Timru atau Laut Jepang. Tiga rudal jatuh di Laut...

34 0

redaksi.co.id – Giliran Korea Selatan yang Uji Misil Balistik

Foto: Korut menembakkan empat rudal balistik ke Laut Timru atau Laut Jepang. Tiga rudal jatuh di Laut Timur atau Laut Jepang, Senin (6/3/2017). Foto ini adalah foto dokumentasi.EPA

Korea Selatan sukses menembakkan sebuah misil balistik buatan dalam negeri yang mampu menghantam lokasi manapun di Korea Utara.

Demikian dilaporkan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kamis (6/4/2017).

Peluncuran misil balistik ini terjadi beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan misil balistiknya ke Laut Jepang.

Penembakan misil Korea Utara itu diduga sebagai bentuk peringatan jelang pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump.

Mengutip pernyataan seorang pejabat tinggi Korea Selatan, Yonhap mengabarkan, misil dengan daya jelajah hingga 800 kilometer itu bisa menjadi senjata yang ampuh untuk menangkis serangan Pyongyang.

Pemerintah Korea Selatan berencana menggunakan misil baru tersebut tahun ini setelah tes lanjutan untuk menguji kehandalannya digelar.

Misil baru ini jika ditembakkan dari wilayah paling selatan Korea Selatan masih mampu menjangkau semua sasaran di Korea Utara.

Korea Selatan sebenarnya dilindungi dalam sebuah payung keamanan AS dan ribuan tentara AS ditempatkan di negara itu.

Namun, pada 2012, Korea Selatan mencapai kesepakatan dengan AS untuk memasang sistem misil balistik tiga kali lipat lebih banyak untuk menjaga negeri itu dari kemungkinan invasi Korea Utara.

Sejak saat itu juga Korea Selatan mulai mengembangkan sendiri misil dengan jarak tembak yang semakin jauh.

Editor: Ervan Hardoko

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!