Banjir Parah, Warga di Selandia Baru Dievakuasi Pakai Traktor

redaksi.co.id - Banjir Parah, Warga di Selandia Baru Dievakuasi Pakai Traktor Wilayah Edgecumbe di North Island, Selandia Baru dilanda banjir parah. Para penduduk di sana pun...

47 0

redaksi.co.id – Banjir Parah, Warga di Selandia Baru Dievakuasi Pakai Traktor

Wilayah Edgecumbe di North Island, Selandia Baru dilanda banjir parah. Para penduduk di sana pun terpaksa dievakuasi massal.

Traktor dan perahu dikerahkan untuk menyelamatkan para warga, setelah banjir di sepanjang Bay of Plenty merendam rumah dan memutus aliran listrik, membuat sungai meluap sertajembatan rusak.

Melansir dari BBC, Kamis (6/4/2017), hujan deras di pulau di Selandia Baru itu dibawa oleh badai tropis Topan Debbie yang menghantam Australia sepekan lalu.

South Island di Selandia Baru juga terkena hantaman badai akibat Topan Debbie.

“Ratusan rumah terendam banjir di Edgecumbe, dengan ketinggian airmencapai 2 meter. Bagian dari Bay of Plentydiguyur dengan curah hujan250 mm dalam 36 jam terakhir,” demikian dilaporkan New Zealand Herald.

Satu orang dilaporkan hilangterseret banjir di dekat Sungai Waikatoyang meluap.

“Keluar dari area banjir,” pesan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru, Paula Bennett kepadawarga yang terkena dampak banjir.

Topan Debbie yang disertai hujan deras dan angin kencang melanda timur laut Australia. Sejumlah kota dilaporkan lumpuh total.

Menurut Badan Meteorologi Australia, topan kategori empat berdasarkan skala Beaufort itu mulai melintasi negara bagian Queensland sejak Kamis 23 Maret dengan membawa angin kencang berkecepatan 270 Km per jam.

Sebelum menghantam Queensland, Topan Debbie sempat menyapu Pulau Whitsunday, timur laut Queensland, dan menyebabkan turis di pulau tersebut mengunci diri di dalam hotel sepanjang hari.

Beberapa pelabuhan seperti Abbot Point dan Mackay and Hay Point terpaksa berhenti beroperasi. Hal serupa juga terjadi di bandara Townsville, Queensland.

Saksikan juga video berikut ini:

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!